Trading Saham Tidak Mudah Kawan

Mungkin anda pernah mendengar bahwa Trading Saham itu sangat sederhana sehingga sangat mudah dilakukan. Anak SD pun harusnya bisa jika sudah diajari selama dua hari saja. Soal kemudahan trading saham ini biasanya dikatakan agar anda-anda mau turut serta didalamnya. Diakui atau tidak, Sekolah Saham juga sepertinya pernah mengatakan betapa mudahnya untuk bertrading saham. Ya, tujuannya agar anda-anda jangan sampai mundur duluan sebelum mencoba.

Memang benar sih, pada akhirnya trading saham itu sangat sederhana – sangat mudah. Tapi masalahnya, itu setelah pengalaman dan pengetahuan kita cukup. Setelah kita jungkir balik dan berdarah-darah dalam mengarungi kerasnya bursa. Yup, proses untuk mencapai kesederhanaan trading itu sangat jauh dari kata mudah. Kita dituntut untuk terus persisten menembus segala halangan yang  (pasti) kita hadapi selama dalam proses belajar trading saham.

Trading-Saham-Tidak-Mudah

Memang sih, jika hanya ingin tahu bagaimana cara membuka account, cara membeli, dan cara menjual, ya sehari dua hari juga bisa. Namun, trading saham kan bukan cuma itu. Trading saham kan bukan ditujukan untuk bisa mentradingkan saham saja. Trading saham harusnya diperlakukan sebagai sebuah bisnis. Seperti semua bisnis didunia ini, tujuannya adalah untuk menghasilkan laba. Apa gunanya berbisnis jika ternyata hanya rugilah sebagai hasilnya bukan?

Begitu juga dengan trading saham. Tujuan akhirnya adalah agar modal kita terus berkembang semakin banyak secepat mungkin. Itulah esensi dari trading saham. Jadi bukan hanya sekedar bisa trading saja. Dan tujuan trading saham ini hanya dapat diperoleh jika sudah dapat untung (profit)  secara konsisten – setidaknya dalam setahun. Berdasarkan pengalaman saya, sangat tidak mudah untuk mencapai tujuan tersebut.

Perlu ilmu yang cukup untuk melakukannya. Dan ilmu tersebut harus selalu di-update karena bursa terus berkembang dan ber-evolusi. Dapat dikatakan bahwa tidak akan pernah kita berhenti untuk belajar jika ingin ber-trading saham dengan benar. Kita harus senantiasa dapat beradaptasi terhadap perubahan-perubahan dalam bursa saham (yang senantiasa terjadi). Jadi, pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa trading saham itu tidak mudah.