Trader Itu Sedang Membaca Cerita

Sebagai trader, Analisa Teknikal (TA) adalah kegiatan sehari-hari. Ya, walau secara literal tidak tiap hari juga sih, tapi seringlah. Setiap ingin trading, pasti melakukan analisa teknikal terhadap pergerakan yang ingin ditradingkan.

Nah, berdasarkan pengalalam Sekolah Saham, pada dasarnya ketika melakukan analisa teknikal itu maka kita sedang membaca cerita yang sedang disampaikan oleh chart.

Kita membaca berita yang dikabarkan oleh chart tentang bagaimana kondisi sebelumnya dan kondisi terkini. Nah, dari hasil membaca berita inilah kita memprediksi bagaimana kira-kira kecenderungan cerita kedepannya.

membaca pasar

Yup, dalam hal ini kita hanya menebak. Cerita kedepannya bukan ditentukan oleh kita atau pelaku pasar lainnya. Melainkan akan ditentukan oleh Tuan pasar.

Jadi, kita harus selalu sadar bahwa memang kita para trader pada dasarnya membaca cerita yang sama. Cerita tentang apa yang sudah terjadi dan sedang terjadi.

Tapi pada akhirnya hasil kita berbeda-beda karena setelahnya, kita mempunyai kesimpulan masing-masing akan efek cerita tersebut terhadap masa depan.

Kita berbeda pendapat akan cerita selanjutnya. Dan itu bagus. Itulah yang menggerakkan pasar. Jika kita semua mempercayai satu versi cerita selanjutnya, maka pasar akan stagnan.

Jadi, selamat trading. Selamat membaca cerita. Selamat meprediksi cerita selanjutnya.

Speak Your Mind

*