Trader dan Volume Transaksi

Topik ini terpikirkan ketika melihat banyaknya dibahas mengenai saham Mitra Segara Sejati (MBSS) di salah satu forum. Hal tersebut mengundang perhatian saya karena memang saham ini telah lama nangkring di watch list. Saham ini ada di watch list karena memang fundamentalnya (tentu saja menurut sistem trading yang saya gunakan) bagus – jika tidak bisa dibilang sangat bagus. Namun, selama ini, walalu sudah ada beberapa sinyal beli, selalu tidak jadi dibeli.

Bukan karena tiba-tiba saya merasa fundamental saham Mitra Segara Sejati (MBSS) ini berubah jadi jelek. Melainkan, karena saya melihat volume transaksinya sangat tipis. Ini berarti akan sangat sulit untuk menjual jika nanti ada sinyal jual. Itulah satu-satunya pertimbangan saya sehingga tidak pernah jadi membeli saham ini walau telah lama berada di watch list – bahkan beberapa kali telah mengeluarkan sinyal beli yang sangat kuat.

Volume-Transaksi-Saham

Setelah dipikir-pikir ternyata ada sesuatu yang unik dalam hal ini. Ternyata faktor volume transaksi dapat mengalahkan faktor lainnya – sebagus apapun itu. Dan keunikan ini muncul karena saya seorang trader. Coba saja saya seorang investor – apalagi investor jangka panjang –, tidak akan kepikiran bagaimana menjual saham ini dalam waktu dekat. Ini lumrah, karena saham ini dibeli untuk investasi jangka panjang.

Sebagai investor, pikirannya adalah jika memang saham ini bagus, suatu saat nanti pasti akan ada yang berminat untuk membeli. Suatu saat nanti ini bisa mengacu waktu yang sangat panjang – bisa sampai tahunan. Sayangnya, trader tidak punya kemewahan ini. Bagi trader, waktu adalah sesuatu yang sangat penting. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target, semakin bagus. Jelas sudah, trader tidak akan mau menunggu sampai tahunan.

Jelas sudah bahwa trader tidak akan mau berspekulasi apakah nanti ada volume yang cukup untuk mentransaksikan sebuah saham. Inilah mengapa saham Mitra Segara Sejati (MBSS) bukan pilihan yang tepat bagi seorang trader  waktu itu. Karena volume transaksinya sangat kecil. Mungkin sekarang lain lagi. Volumenya telah meningkat sejak sering diperbincangkan. Mungkin para pelalu pasar telah menyadari kualitas dari saham ini.