Takut Rugi dan Solusinya

Sebenarnya sudah sejak lama ingin terjun di bursa saham. Ingin ber-bisnis saham. Namun kok ya masih takut. Takut kehilangan semua modal. Jadinya ya tidak mulai-mulai.

Hal di atas sering menjadi penghambat untuk menikmati keuntungan (yang relatif tidak terbatas) dari bursa saham. Halangan untuk merealisasikan potensi menjadi keuntungan.

Jika anda memang orang yang demikian. Orang yang tidak berani memulai bisnis saham karena takut kehilangan seluruh modal. Orang yang terhambat menikmati keuntungan karena ketakutan. Maka artikel ini untuk anda. Silahkan terus dibaca.

Takut Rugi dan Solusinya

Sebaiknya memang jangan langsung terjun ke bursa saham. Harus mulai dengan belajar mengelola ketakutan tersebut. Mengelola agar ketakutan tersebut menjadi kekuatan.

Kita dapat mengejawantahkan ketakutan tersebut menjadi satu parameter dalam sistem trading kita. Kita mengejawantahkannya dalam bentuk stop loss.

Mari mulai dengan mendetailkan ketakutan tersebut. Kita sebenarnya takut kehilangan modal per transaksi sebesar apa. Nah, jika sudah ketemu. Set stop loss pada level lebih rendah darinya.  Set level stop loss pada level di mana kita tidak takut kehilangan sejumlah uang. Set pada level jumlah uang yang kita ikhlas jika hilang.

Dengan demikian dijamin, kita tidak akan takut-takut lagi untuk mulai bisnis saham. Karena kerugian sudah dibatasi sedemikian rupa pada batas yang aman bagi psikologis kita.

Ketakutan akan kehilangan semua modal tentu sudah tidak relevan lagi karena memang, modal tidak akan bisa habis pada setiap transaksi yang dilakukan.

Selamat ber-bisnis saham!