Psikologi Pasar, Analisa Teknikal (TA), dan Pergerakan Harga

Psikologi pasar.

Hal yang sangat populer diantara para pelaku pasar keuangan. Utamanya bagi para pelaku trading di instrumen keuangan seperti saham, forex, komoditas, dll.

Bukan hanya populer, psikologi pasar menjadi hal yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan para trader. Tepatnya bagaimana membaca psikologi pasar dan memanfaatkannya.

Bahkan psikologi pasar ini menjadi salah satu disiplin ilmu yang wajib untuk dipelajari dan tentu saja dikuasai ketika ingin menjadi trader yang sukses. Menjadi trader yang profesional.

Psikologi pasar lah yang menentukan arah pergerakan harga — naik, turun, atau mendatar. Psikologi pasar yang sejalan dengan psikologi manusia yang terjun di pasar. Tepatnya akumulasi psikologi keseluruhan pelaku pasar.

Psikologi Pasar Pasar Keuangan

Untuk lebih memahaminya, mari lihat contoh sederhana yang mudah dipahami. Ketakutan akan membuat harga bergerak turun, keserakahan akan membuat harga naik, dan keragu-raguan akan membuat harga bergerak mendatar.

Dapat dilihat bagaimana suasana psikologis pasar mempengaruhi arah pergerakan saham bukan?

Tentu saja, dalam kenyataan, faktor psikologis pasar yang mempengaruhi pergerakan harga lebih kompleks. Tidak sesederhana ketakutan, keserakahan, dan keragu-raguan. Banyak faktor lain yang turut berkelindan mempengaruhi arah pergerakan harga.

Namun, contoh yang disederhanakan di atas harusnya sudah cukup memahami bagaimana faktor psikologis mempengaruhi harga. Ini yang penting.

Setelah memahaminya, kita harusnya juga paham bahwa dengan melihat pergerakan harga maka kita dapat membaca psikologis pasar yang terjadi.

Mari kembali gunakan contoh sederhana sebelumnnya. Harga turun berarti pelaku pasar sedang ketakutan, harga naik berarti pelaku pasar sedang serakah, dan harga mendatar berarti pelaku pasar sedang ragu-ragu.

Jadi sudah cukup jelas bahwa dengan mengamati pergerakan harga maka kita dapat membaca psikologi pasar bukan?

Nah, kemudian mari bergerak ke pertanyaan selanjutnya: bagaimana cara mengamati pergerakan harga?

Banyak cara. Yang paling populer dan paling gampang adalah dengan menggunakan indikator Analisa Teknikal (TA). Dengan demikian dapat dikatakan pada akhirnya, Analisa Teknikal (TA) dapat digunakan untuk membaca psikologi pasar.

Sedangkan dengan membaca psikologi pasar berarti kita tahu suasana kebatinan terkini seluruh (secara akumulasi) para pelaku pasar. Suasana kebatinan yang pada akhirnya menentukan arah pergerakan harga kedepannya.

Jadi alurnya begini. Trader menggunakan Analisa Teknikal (TA) untuk mengamati pergerakan harga. Kemudian digunakan untuk membaca psikologi pasar terkini. Kemudian menggunakannya untuk memprediksi arah harga kedepannya.

Beginilah hubungan Psikologi Pasar, Analisa Teknikal (TA), dan Harga. Mari pahami dan manfaatkan untuk trading yang kita lakukan.