Membaca Pasar

Istilah membaca pasar seharusnya sudah tidak asing lagi bagi para trader saham. Membaca pasar seharusnya sudah merupakan kegiatan sehari-hari. Ini jika menggunakan strategi yang umum digunakan yakni strategi top-down. Strategi trading ini mewajibkan kita untuk membaca pasar – mulai dari yang paling besar (global) hingga yang paling kecil (saham). Trader berusaha untuk mencari tahu bagaimana kondisi terkini dari pasar.

Membaca pasar dalam hal ini berarti berusaha mengetahui apa yang sudah dan sedang terjadi. Kemudian, berusaha untuk memprediksi apa yang akan terjadi kemudian (pada masa mendatang) berdasarkan situasi yang sudah dan sedang terjadi tersebut. Dengan membaca pasar, trader akan dapat menentukan dengan lebih tepat apa yang sebaiknya dilakukan – apakah membeli, menahan, menjual, atau bahkan tidak melakukan apa apa?

Membaca-Pasar

Membaca pasar akan membuat trader dapat bertindak dengan tepat agar keuntungan yang diperoleh akan maksimal, dan resiko yang ditanggung akan minimal. Hal ini tentu adalah harapan semua para trader saham bukan? Sekarang, mari cari tahu bagaimana cara termudah untuk membaca pasar. Anda mungkin sudah dapat menduga caranya. Ini berkaitan dengan alat bantu yang paling sering digunakan oleh para trader.

Ya, yang saya maksudkan adalah analisis teknikal (TA). Analisis Teknikal adalah alat bantu yang membuat membaca pasar menjadi mudah. Sebagaimana kita ketahui bersama, banyak indikator teknikal yang dapat memberitahu situasi yang sedang terjadi secara cepat. Sebagai contoh, kita dapat mengetahui tren pasar dengan menggunakan MACD. Juga mengetahui kondisi psikologis yang sedang terjadi dengan menggunakan Candlestick.

Kita dapat membaca kondisi tren dan psikologis hanya dengan melihat MACD dan Candlestick sekilas. Sangat cepat bukan? Dengan mengetahui tren dan kondisi psikologis ini, trader dapat menentukan tindakan apa yang paling tepat untuk dilakukan. Dapat menentukan tindakan yang harus dapat memaksimalkan keuntungan sembari meminimalkan kerugian. Sudah dapat dibayangkan bagaimana analisis teknikal sangat membantu bukan?

Sejauh ini, sudah dapat disimpulkan betapa pentingnya kegiatan untuk membaca pasar dan betapa pentingnya analisis teknikal (TA) bagi para trader saham. Marilah terus mempertajam pengetahuan dan intuisi kita dalam menggunakan indikator-indikator analisis teknikal (TA) agar dapat senantiasa membaca pasar. Dengan demikian, diharapkan tindakan kita akan selalu tepat agar dapat memaksimalkan keuntungan sembari meminimalkan resiko.