Dilema Trader

Kali ini mari kita bahas mengenai hal yang sangat penting untuk diketahui dan (pada akhirnya) dipahami oleh para trader. Dilema trader. Yup, dilema yang akan selalu dihadapi oleh seorang trader di pasar keuangan (Saham, komoditas, Forex, dsb). Dilema ketika hendak menggunakan sebuah sistem trading.

Dilema apakah menunggu sistem trading terbaik atau menggunakan sistem trading yang ada (tentu bukan terbaik)? Ini adalah sebuah dilema besar yang dihadapi oleh setiap trader. Menunggu hingga punya sistem trading terbaik bisa-bisa malah tidak akan pernah mulai trading. Menggunakan sistem trading yang ada, resikonya akan sering mengalami kerugian ketika trading.

Dilema Trader

Sebagaimana kita yakini (setidaknya yang diyakini Sekolah Saham) bahwa tidak ada sistem trading sempurna (holy grail). Jadi pilihan menunggu sistem trading terbaik (sempurna) sama saja memilih untuk tidak trading. Kita tidak akan pernah mulai trading karena tidak akan pernah menemukan sistem trading yang sempurna.

Sedangkan memulai trading dengan sistem trading seadanya juga bukan pilihan terbaik.  Resikonya sangat besar. Bisa-bisa dalam waktu yang singkat, semua modal kita akan habis karena kerugian trading. Jadi sebaiknya bagaimana? Menunggu sistem trading sempurna salah, menggunakan sistem trading seadanya juga salah.

Dilema besar bukan? Tapi jangan khawatir. Selalu ada jalan tengah dari semua persoalan. Jalan tengah dalam hal ini adalah silahkan langsung tading dengan menggunakan sistem trading yang jauh dari sempurna. Tapi selama trading tersebut, jangan lupa untuk terus berusaha memperbaiki sistem trading tersebut.

Perbaiki sistem trading kita sambil jalan. Dengan demikian kita tidak harus menunggu selamanya untuk menemukan sistem trading terbaik juga tidak mesti selamanya menanggung resiko besar dari sistem trading seadanya. Sistem trading kita akan semakin membaik (mendekati sempurna) seiring waktu.