Setidaknya Sudah Untung dalam Setahun

Gimana? Anda sudah merasa sukses menjadi pebisnis saham dan sedang menimbang-nimbang untuk sepenuhnya tergantung pada hasil bisnis saham tersebut? Tunggu dulu. Coba dicek dulu dengan teliti catatan rugi laba yang selama ini dihasilkan dari berbisnis saham. Coba dicek apakah memang sudah lebih banyak menikmati laba daripada rugi. Jangan-jangan selama ini lebih banyak ruginya tapi karena sekali untung cukup besar, jadinya terlihat masih untung.

Jika demikian kejadiannya maka anda belum dapat disebut sukses berbisnis saham. Anda hanya sedang beruntung. Dan seperti biasa, keberuntungan tidak akan berlangsung terus-menerus. Tinggal menunggu waktu saja sebelum pada akhirnya kerugian menjadi lebih besar dibanding laba. Nah, bagaimana jika ternyata memang sudah lebih sering frekuensi untung dibanding rugi? Bagus. Anda mungkin memang sudah sukses berbisnis saham

Bisnis-Saham

Sistem yang anda ciptakan dan gunakan ternyata memang telah berhasil memberikan profit konsisten. Namun, tunggu dulu. Perlu dicek telah berapa lama anda menimkati profit konsisten tersebut. Apakah sudah lebih dari setahun atau malah masih dibawah setahun. Jika sudah lebih setahun maka bolehlah anda berbangga bahwa memang sudah dijalan yang benar. Boleh mengklaim bahwa anda telah dapat digolongkan sebagai orang yang sukses dalam berbisnis saham.

Jika belum ada setahun? Tunggu dulu. Anda belum berhak disebut sukses dalam berbisnis saham. Ini karena setelah berada dipasar dalam setahunlah anda akan mengalami semua siklus bursa saham – keempat siklus yang terjadi dalam bursa saham tepatnya. Telah menikmati profit yang konsisten dalam setahun berarti anda telah dapat menghadapi kondisi-kondisi yang terjadi dalam seluruh siklus. Anda telah paripurna dalam menghadapi tahap-tahap siklus bursa saham.

Setahun adalah waktu minimal. Sebenarnya dalam setahun, baru siklus-siklus kecil sampai menengahlah yang telah dihadapi. Siklus besarnya belum. Siklus besarnya berputar dalam jangka waktu sepuluh tahunan. Siklus besar meliputi krisis yang mengguncang dunia. Jika sudah dapat terus konsisten dalam sepuluh tahun, berarti anda sudah sampai tingkat sang ahli dalam berbisnis saham. Tapi itu cerita jangka panjang.

Untuk sekarang, cukuplah berhasil meraih profit konsisten selama setahun, maka sudah dapat dianggap sukses dalam berbisnis saham. Ini adalah syarat minimal. Lebih bagus lagi jika ternyata sudah lebih dari setahun bahkan sudah sepuluh tahun dalam meraih profit konsisten. Jadi, apakah anda sudah mengalami profit konsisten selama setahun? Jika belum jangan coba-coba berpikir untuk menggantungkan hidup hanya dari hasil bisnis saham saja.