Sebenarnya Saya Seorang Investor

Investor atau Trader. Topik ini selalu menarik untuk dibahas. Ini karena pro kontra antara investor dan trader tidak pernah berhenti. Untuk artikel ini sengaja sekolah saham mengambil sudut pandang dari investor – setidaknya makna investor yang pernah saya baca pada sebuah buku. Dalam buku tersebut, disebutkan bahwa perbedaan antara investor dan trader adalah pada jangka waktu memegang saham. Lamanya antara saham dibeli dan dijual.

Seorang pebisnis saham yang membeli saham dan kemudian melepaskannya dibawah satu hari atau beberapa hari, digolongkan sebagai trader saham. Investor adalah orang-orang yang membeli saham kemudian menyimpan saham itu mingguan, bulanan, hingga tahunan. Berdasarkan hal ini maka saya dapat digolongkan sebagai investor saham alih-alih sebagai trader saham sebagaimana yang selalu saya klaim dalam berbagai artikel.

Investor

Ini karena jangka waktu yang saya gunakan untuk trading adalah mingguan yang menyebabkan saya dapat memegang saham minimal selama mingguan bahkan sering hingga bulanan. Tentu, jika dilihat lamanya menyimpan saham, maka jelas saya adalah seorang investor. Ini juga berarti bahwa semua trader saham dengan jangka waktu trading yang lama dapat digolongkan sebagai investor. Sebaliknya, seorang investor dapat digolongkan sebagari trader.

Investor pada dasarnya adalah serorang Trader dengan jangka waktu yang lama. Maka dari itu, sebenarnya investor dan trader tidak perlu dipolemikkan. Toh, ternyata cuma masalah jangka waktu kepemilikan saham saja. Pada akhirnya seorang trader dapat digolongkan menjadi seorang investor dan demikian juga sebaliknya, seorang investor dapat digolongkan sebagai trader. Jadi sudah jelas bahwa saya ini adalah seorang trader jangka panjang alias seorang investor.

Saya akui bahwa permasalahan mengenai investor atau trader jauh lebih kompleks dari yang dibahas dalam artikel ini. Memang sengaja saya menyederhanakannya agar lebih mudah dipahami oleh berbagai kalangan – terutama para pemula. Sehingga nanti, waktu para pemula tidak habis untuk membahas mengenai polemik investasi atau trading. Agar mereka langsung saja pada pokok permasalahan, bagaimana melindungi modal dan menghasilkan untung dari bursa saham.