Pasar Turun? Saat Tepat Untuk Belajar Kembali

Mungkin saat ini anda adalah orang-orang yang sedang sakit kepala karena nilai kekayaan anda sedang tergerus cukup dalam dikarenakan turunnnya instrument investasi terutama saham, emas, dan komoditas. Lantas apakah yang dapat dilakukan dalam kondisi ini? Apakah hanya meratapi kekayaan yang telah hilang atau bagaimana?

Saran saya sih, ini saat yang tepat untuk menjual (cut loss) seluruh investasi anda dan memegang duit cash. Ini bukan apa-apa, tapi agar anda tenang terlebih dahulu untuk langkah terpenting selanjutnya yakni belajar kembali. Mempelajari (dan juga menganalisa) kembali apakah langkah-langkah investasi anda selama ini sudah benar.

Belajar Trading/Investasi Saham

Ini sangat penting, karena biasanya (berdasarkan pengalaman saya), kita akan terlalu sibuk bertansaksi di bursa saham atau komoditas ketika saham sedang dalam kondisi naik sehingga belajar biasanya terabaikan. Jadi mari manfaatkan kondisi penurunan pasar ini untuk kembali berinvestasi pada kepala kita.

Mari menganalisa kembali sistem kita dan juga mempelajari hal-hal baru yang sekiranya dapat membuat peningkatan terhadap hasil investasi kita begitu pasar kembali kondusif. Tapi untuk hal ini, memang kita harus tenang dulu, emosi kita sebaiknya jangan terpengaruh oleh pasar lagi agar kita bisa objektif sehingga hasil belajarnya akan lebih optimal.

Inilah mengapa sebagai langkah pertama, kita harus menjual dulu semua posisi kita dari pasar. Toh, pasar sedang turun, jadi itu juga bisa sebagai langkah untuk menyelamatkan modal kita agar nanti pas sudah saatnya membeli kembali kita punya modal yang cukup. Selamat belajar!