Menyongsong Masa Depan

Akhirnya berkesempatan menulis juga pada awal tahun yang baru ini. Tema kali ini adalah menyongsong masa depan. Tema yang saya rasa paling tepat untuk memulai sebuah tahun. Saya memilih menyongsong masa depan sebagai tema karena sangat menyukai makna filosofi dibaliknya. Menyongsong masa depan adalah sebuah doa untuk dapat lebih baik dari yang sebelumnya. Tentu bukan sekedar ingin lebih baik saja.

Harusnya, ingin lebih baik dan siap untuk bekerja keras untuk keinginan tersebut. Menyongsong masa depan bukan juga berarti melupakan begitu saja waktu yang sudah lewat. Kita harus tetap mencatat apa-apa yang telah berlalu dalam buku sejarah kehidupan dan mengambil hikmah darinya. Yup, masa lalu adalah sebuah sarana untuk belajar agar dapat membentuk masa depan yang lebih baik. Sebuah filosofi yang bagus bukan?

Menyongsong Masa Depan

Filosofi menyongsong masa depan inilah juga yang akan saya terapkan dalam trading saham. Saya berjanji pada diri saya untuk bekerja keras agar performansi trading saya dapat lebih baik dari tahun sebelumnnya. Untuk itu saya akan memperbaiki apa-apa yang telah saya lakukan tahun sebelumnya agar bisa lebih mendekati kesempurnaan. Terus terang, tahun kemarin, performansi trading saya agak mengecewakan.

Disaat performansi bursa (IHSG) meningkat sekitar 20% an, porto saya malah minus 7% an. Ini memang tidak mengherankan, karena saya banyak melakukan percobaan sistem pada tahun kemarin. Mulai mencoba beberapa indikator, hingga menaikkan sizing trading. Resiko dari sebuah percobaan adalah akan banyak gagalnya sebelum akhirnya menemukan sistem yang firm untuk memberikan keuntungan konsisten.

Untungnya, pas tepat diakhir tahun kemarin, sistem tersebut sudah firm. Jadi tahun ini harusnya tinggal memetik hasilnya. Berdasarkan hal ini, saya optimis untuk menyongsong trading saham untuk setahun kedepan. Optimis untuk menyongsong masa depan dengan hasil yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Optimis yang disertai dengan kesediaan untuk terus belajar dan bekerja keras tentunya. Jadi, mari sambut tahun ini dengan senyuman.