Mengapa Perlu Stop Loss ?

Jika anda seorang trader saham – apalagi seorang trader yang sudah berpengalaman, kata-kata stop loss pasti sudah tidak asing. Bahkan mungkin stop loss adalah bagian keseharian anda. Filosofi dibalik stop loss adalah kerendahan hati. Para trader yang cukup rendah hati untuk mengakui bahwa analisa mereka punya ruang untuk salah biasanya mewujudkannya dalam bentuk stop loss. Tentu jika yakin hasil analisa selalu benar, tidak perlu menggunakan stop loss bukan?

Tapi, merasa analisa sendiri tidak pernah salah adalah bentuk kesombongan yang pasti akan menghancurkan trader itu sendiri. Percayalah, tidak ada tempat bagi orang sombong di bursa saham. Yang berhak sombong hanya pasar karena memang hanya pasarlah yang selalu benar. Kita para trader harus sadar akan hal ini jika ingin dapat terus menangguk untung dari bursa saham. Jadi, jangan pernah merasa tidak perlu menggunakan Stop Loss.

Stop-Loss-Saham

Sebaik apapun sistem trading anda, tidak mungkin memberikan hasil yang seratus persen benar. Selalu ada ruang bagi sistem tersebut untuk memberikan petunjuk yang salah. Camkan hal ini. Mungkin selama ini anda merasa sistem trading anda sempurna. Tidak mungkin salah. Ini karena anda telah membeli sebuah sistem trading yang sangat mahal yang diklaim selalu memberikan sinyal yang benar. Percayalah, sistem tersebut pasti akan salah suatu saat.

Jika selama ini selalu benar, itu hanya kebetulan. Pada akhirnya sinyal salah itu akan menunjukkan wujudnya. Tunggu saja. Jadi, semahal apapun atau sebagus apapun sistem trading anda, tetaplah selalu sediakan ruang untuk salah. Selalulah menggunakan Stop Loss. Stop loss ini pada dasarnya adalah sebuah jaring pengaman atau sabuk pengaman (safety belt) bagi para trader saham. Stop Loss ini pada dasarnya akan membatasi kerugian.

Setidaknya, jika ternyata tindakan yang dilakukan (dalam hal ini ketika membeli saham) ternyata salah alias analisa yang dilakukan ternyata berlawanan dengan kenyataan di bursa, kerugian pasti akan terbatas. Terbatas sejauh level Stop Loss yang telah ditetapkan. Toh, kerugian maksimal yang ditanggung dari sebuah transaksi telah ditetapkan dari awal. Ini sangat penting karena akan menambah faktor kepastian dari banyaknya ketidak pastian di bursa.

Seperti yang sudah pernah dibahas, faktor kepastian akan sangat berpengaruh bagi para trader saham – sangat mempengaruhi faktor psikologi para trader tepatnya. Ini karena memang bursa saham sangat penuh dengan ketidak pastian. Jadi satu bentuk kepastian dengan menggunakan stop loss akan sangat berarti. Setidaknya tingkat kenyamanan para trader dalam bertransaksi akan secara signifikan meningkat.

Rasa nyaman akan membuat para trader dapat membuat keputusan yang objektif. Keputusan yang terbaik berdasarkan kondisi yang ada. Dengan demikian diharapkan para trader akan dapat mencapai tujuannya untuk ber-bisnis saham. Tujuan untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal sembari meminimalkan kerugian. Jadi, sudah kelihatan betapa pentingnya untuk menggunakan Stop Loss bagi para trader saham bukan?