Memilih Saham

Memilih saham adalah salah satu langkah terpenting dalam bisnis saham – baik itu untuk trader maupun investor. Pemilihan saham yang tepat adalah fondasi (fundamental) untuk mencapai target yang diinginkan. Pemilihan saham inilah yang akan menentukan seberapa besar potensi keuntungan yang tersedia dan seberapa besar potensi kerugian yang mungkin akan ditanggung. Jelas sudah bahwa pemilihan saham memang sangat menentukan.

Inilah mengapa disebutkan, memilih saham adalah langkah terpenting dalam berbisnis saham. Nah, saking pentingnya, kita harus benar-benar tahu cara memilih saham. Sebaiknya, selalu ada alasan dan metode yang jelas dalam setiap pemilihan saham – baik untuk kita tradingkan atau investasikan. Tentu, pemilihan saham akan bersifat unik (subjektif) bagi masing-masing orang. Pemilihan saham tersebut disebut unik karena dilakukan belandaskan profil masing-masing orang.

Memilih-Saham

Misalnya, jika ingin mencapai untung sebanyak-banyaknya dalam waktu singkat tentu akan dipilih saham-saham yang punya potensi untuk naik dalam waktu singkat. Dan seperti biasa, selalu ada dua sisi dari sebuah pilihan. Potensi naik dalam waktu singkat berarti juga ada potensi turun dalam waktu singkat. Ini berarti, selain potensi keuntungan yang besar, ada resiko besar yang juga menyertainya. Jika profil resiko kita dapat menerimanya, tentu pemilihan saham bisa segera dimulai.

Contoh lain, ada orang yang ingin mempunyai pemasukan stabil. Kestabilan-lah faktor utamanya. Tidak mengharapkan imbal hasil yang terlalu besar – cukuplah sedikit diatas inflasi. Untuk orang seperti ini, saham-saham yang punya pergerakan stabil naik dalam jangka panjang yang akan dipilih. Biasanya yang punya pergerakan seperti ini adalah saham-saham perusahaan yang sudah mapan. Faktor resiko pun cukup kecil untuk jenis saham-saham seperti ini.

Dari kedua contoh tersebut, jelas sudah bahwa pemilihan saham akan ditentukan oleh apa yang menjadi tujuan kita dalam berbisnis saham. Tujuan ini bukanlah tujuan secara umum melainkan tujuan yang lebih spesifik. Berlandaskan hal inilah, kita akan memilih saham-saham. Kita akan memilih saham-saham yang diprediksi dapat mengantarkan pada tujuan yang telah kita tetapkan. Inilah mengapa memilih saham menjadi faktor yang sangat penting dalam berbisnis saham.