Melindungi Modal Sangat Penting

Jika anda pembaca setia sekolah saham, niscaya sudah tahu bahwa sering disinggung mengenai modal. Mengenai betapa pentingnya melindungi modal. Namun selama ini belum pernah dibahas secara khusus pada sebuah artikel. Jadi mungkin para pembaca masih meraba-raba bagaimana sebenarnya pengaruh modal terhadap bisnis saham sehingga sangat penting untuk dilindungi. Akibatnya, mungkin masih banyak kita yang lupa untuk berusaha melindungi modal.

Wajar saja sih, karena soal perlindungan modal ini masih mengawang-awang – terutama soal apa sih pentingnya untuk melindungi modal tersebut. Kebanyakan kita sih merasa yang paling penting itu adalah menghasilkan keuntungan yang maksimal. Menghasilkan keuntungan yang maksimal –lah hal yang lebih nyata dibanding melindungi modal. Pola pikir ini akan sangat berbahaya. Alih-alih mendapat untung, modal kita malah bisa habis.

Melindungi-Modal

Berdasarkan latar belakang tersebut maka saya putuskan untuk membahas secara khusus mengapa melindungi modal itu sangat penting. Berhubung sekolah saham menganggap baik investasi maupun trading saham itu adalah sebuah bisnis, maka mari kita melakukan pendekatan dari sudut pandang bisnis. Seperti yang mungkin sudah kita ketahui, setiap bisnis mempunyai asset yang menjadi tulang punggung kegiatan bisnisnya.

Tanpa asset tersebut, niscaya bisnis tidak akan dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya. Mungkin bisnisnya masih bisa jalan namun dengan tertatih-tatih. Alih-alih mengharapkan mendapat keuntungan maksimal, membayar biaya sehari-hari saja malah kewalahan. Bahkan bisa jadi bisnis tersebut terus mengakumulasikan kerugian. Asset bisnis ini bisa berupa paten teknologi, merek dagang, uang kas, gedung, mesin produksi, karyawan, dll.

Perlu dicatat bahwa tidak semua asset menentukan hidup matinya sebuah bisnis. Ada juga asset yang hanya merupakan faktor pendukung (secondary) saja yang tanpanya pun bisnis masih dapat berjalan lancar. Ini berarti yang paling penting adalah mengusahkan agar asset-asset utama selalu terjaga sehingga bisnis dapat menghasilkan seperti yang diharapkan. Dapat dikatakan tanpa asset utama tersebut bisnis tidak akan dapat berjalan.

Nah, begitu juga dalam bisnis saham. Asset utama harus terus dijaga. Untungnya bisnis saham adalah bisnis yang sangat sederhana jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya. Jumlah assetnya sangat sedikit sehingga lebih mudah memilah-milah mana asset yang harus dijaga dan mana asset yang hanya sebagai pendukung saja. Nah, salah satu asset utama dalam bisnis saham adalah uang. Sering juga disebut sebagai modal yang kita setorkan untuk berbisnis saham.

Nah, jika modal ini tidak ada lagi, maka kita tidak akan bisa apa-apa di bursa saham. Secanggih apapun sistem bisnis saham kita, tanpa modal, tidak akan berarti apa-apa. Jelaslah sudah bahwa modal adalah asset terpenting dalam bisnis saham. Kita harus berusaha mati-matian untuk menjaga modal agar selalu tersedia. Jangan pernah sampai habis. Begitu habis, habis jugalah bisnis saham kita. Jadi, memang, melindungi modal adalah tugas utama kita. Melindungi modal sangat penting.