Mentradingkan Investasi Dan Kerugiannya

Sebelumnnya, kita telah membahas tentang apa dan bagaimana mentradingkan investasi dan keuntungannya. Mentradingkan investasi berarti kita melakukan kegiatan investasi dan trading sekaligus namun bukan secara paralel, melainkan secara serial. Terlebih dahulu, kita memilih saham-saham yang ingin kita investasikan berdasarkan analisis fundamental (FA). Kemudian, kita memperjual belikannya berdasarkan analisis teknikal (TA).

Kita telah membahas apa kelebihan (keuntungan) dari mentradingkan investasi. Dapat juga disebut bahwa kita telah membahas tujuan dari mentradingkan investasi . Kelebihan atau tujuan mentradingkan investasi adalah:

  • untuk meningkatkan potensi keuntungan jika dibandingkan dengan investasi murni,
  • mengurangi tingkat resiko jika dibandingkan dengan trading murni.

Kerugian-Mentradingkan-Investasi

Potensi keuntungan dapat ditingkatkan karena kita memanfaatkan potensi dari naik turunnya harga saham untuk jangka menengah dan jangka pendek . Tingkat resiko dapat diturunkan karena kita hanya mentradingkan saham-saham yang mempunyai fundamental bagus. Namun, ternyata setiap kelebihan ada kekurangannya. Demikian juga dengan mentradingkan investasi. Ada juga kekurangan yang menyertainya.

Kekurangan ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah memang mentradingkan investasi sesuai untuk kita. Seperti yang sudah pernah saya singgung, mentradingkan investasi akan sangat menguntungkan jika memang dapat dikelola dengan benar. Nah, kekurangannya ini sebagaian karena memang tidak dapat dikelola dengan benar. Mentradingkan investasi mengandung dua hal sekaligus sehingga butuh usaha lebih untuk menguasainya.

Berikut kekurangan mentradingkan investasi yang sekolah saham dapat indentifikasi:

  • Keuntungan tidak sebesar trading murni karena banyak saham-saham yang bagus secara teknikal tidak masuk dalam kriteria berfundamental bagus
  • Resiko tidak sekecil investasi murni karena kita bisa salah dalam mengambil posisi jual dan beli. Seperti yang kita ketahui, analisis teknikal (TA) mempunyai probabilitas ketepatan dibawah 100%
  • Butuh usaha lebih keras untuk menguasai dua jenis analisis yakni analisis teknikal (TA) dan analisis fundamental (FA)

Nah, kita sudah tahu apa kelebihan dan kekurangan dari mentradingkan investasi di bursa saham. Tinggal kita bandingkan saja mana yang lebih dominan – kelebihan atau kekurangannya – berdasarkan profil kita masing-masing. Pilih mana yang lebih bermanfaat bagi kita. Mentradingkan investasi, investasi murni, atau trading murni? Semua kembali kepada pilihan masing-masing. Namun, setelah memilih harus konsisten menggunakannya. Jangan tercampur-campur.