Memilih Investasi (FAQ)

Manakah investasi terbaik?

Sebuah pertanyaan yang pasti mampir bagi para calon investor — sebuah pertanyaan yang menjadi dasar bagi mereka-mereka yang hendak mulai berinvestasi.

Dan jawabannya?

Tergantung alias tidak ada satu jawaban tunggal. Semua tergantung apa yang menjadi tujuan sang investor. Apakah untuk keperluan sehari-hari? Keperluan dana liburan? Keperluan dana pendidikan? Dan banyak keperluan lainnya.

Memilih Investasi

Lah, terus apakah benar-benar relatif begitu?

Sayangnya iya, memang begitu. Jadi, tidak ada benar-benar satu investasi terbaik bagi semua orang. Setiap orang punya jenis investasi terbaik yang berbeda-beda.

Wah, susah donk ya?

Ya, susah memang jika kita tidak tahu apa yang kita inginkan (butuhkan) dari sebuah investasi. Gampang jika kita tahu benar apa yang kita harapkan dari sebuah investasi.

Hem, berarti kuncinya tahu kebutuhan kita ya?

Yup, jadi sebelum mulai berinvestasi kenali dulu profil kita sedetail-detailnya hingga dapat dengan mudah memilih investasi mana yang harus kita dalami.

Bukan mempelajari mana imbal hasil tertinggi ya?

Tentu bukan. Toh imbal hasil tertinggi adalah yang sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi otomatis jika sudah tahu kebutuhan kita maka pilihan investasi kita akan optimal baik dari segi hasil maupun waktu.

Jadi, bagaimana memilih investasi?

Kenali lah diri sampai mengetahui secara detail kebutuhan yang ingin dipenuhi dari sebuah investasi. Lalu hanya fokus pada investasi yang sesaui kebutuhan tersebut.

Bagaimana agar tahu mana investasi yang cocok?

Tentu harus mempelajari berbagai jenis investasi yang ada. Mengetahui karakteristik setiap investasi. Tidak perlu sampai mendalam, secukupnya saja. Lalu sesuaikan dengan kebutuhan.

Kapan perlu mendalami?

Setelah memilih investasi yang sesuai kebutuhan, silahkan dalami investasi tersebut sampai sedetail-detailnya untuk hasil yang lebih maksimal.

Kesimpulannya?

Kenalilah diri terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Ini akan membuat kita dapat memilih jenis investasi yang paling tepat sehingga hasilnya pun optimal.

Speak Your Mind

*