Masih Menunggu Kesempurnaan?

Sebenarnya sih mau trading atau investasi, tapi gimana ya? Masih belum berani memulai karena merasa sistem yang dipersiapkan belum sempurna. Atau bisa juga karena merasa ilmu  (yang sudah dipelajari cukup lama) masih jauh dari sempurna. Ya, kalo begini bakal nggak akan pernah akan mulai melangkah.

Menunggu hingga sempurna sama saja berkata bahwa tidak akan pernah trading atau investasi. Iya, tidak salah baca. Menunggu kesempurnaan sama saja berniat tidak akan pernah mulai. Ini karena tidak ada itu sistem atau ilmu yang paripurna dalam dunia trading atau investasi. Tidak akan pernah mencapai yang namanya kesempurnaan.

Berdasarkan pengalaman Sekolah Saham — dan juga cerita dari pengalamaan orang lain (baik langsung maupun tidak) — belum pernah menemukan sebuah sistem atau ilmu trading/investasi yang tanpa cela. Selalu saja ada kurangnya. Selalu ada saja kelemahannya. Jadi, jika menunggu hingga tidak punya kelemahan, ya pasti tidak akan mulai-mulai.

Menunggu Sistem Trading Sempurna

Mendekati kesempurnaan mungkin bisa. Tapi itu butuh proses yang lama. Harus trial dan error hingga kita menemukan sistem atau ilmu yang pas untuk gaya trading/investasi kita. Catat, inipun pasti tidak sempurna. Ada saja kelemahaannya. Lah, lantas kenapa disebut mendekati kesempurnaan jika ternyata masih punya titik lemah?

Tenang dulu. Jangan gusar. Sebuah sistem/ilmu trading (maupun investasi) bisa dikatakan hampir sempurna karna kita tahu kelemahaannya sehingga dapat menghindari titik lemah ini. Selama kita bisa menghindari titik lemah ini, dapat dikatakan kita telah punya sistem/ilmu yang hampir sempurna bukan?

Namun, dapat dipastikan bahwa sistem/ilmu yang mendekati kesempurnaan ini juga tidak akan pernah berhasil dicapai jika tidak mulai-mulai. Tidak pernah memulai karena masih menunggu yang benar-benar sempurna. Tidak mulai yang berarti tidak pernah melakukan trial dan error untuk memperoleh sistem/ilmu yang mendekati kesempurnaan tersebut.

Jadi, mulailah sekarang juga. Gunakanlah sistem atau ilmu yang sudah dimiliki (walau ala kadarnya). Yang penting sudah memulai. Lalu belajarlah untuk menyempurnakan sistem atau ilmu tersebut sambil jalan. Terus perbaiki hingga sampai pada titik dimana sudah tidak ada yang dapat diperbaiki lagi.

Titik dimana kelemahan yang ada sudah tidak dapat dihilangkan. Inilah titik sempurna dari sistem atau ilmu yang sesuai dengan gaya trading/investasi kita. Kelemahan memang masih ada disitu. Tapi kita telah sangat mengenal kelemahan tersebut hingga dapat menghindarinya. Menghindari dalam hal ini adalah dengan tidak trading/investasi ketika kondisi meng-ekspose kelemahan tersebut.