Trader Selalu Bahagia

Menjadi trader itu bisa sangat penuh dengan tekanan. Tekanan untuk menghindar dari kerugian yang selalu mengintai. Kerugian yang siap menelan semua modal kita begitu ada kesempatan. Betapa mengerikan bukan? Tapi jangan khawatir. Ini hanyalah persoalan sudut pandang saja.

Jika menggunakan sudut pandang yang tepat. Trading itu bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Membahagiakan. Kita bisa menjadi trader yang selalu dalam kondisi bahagia. Ini jika sudut pandang yang kita pakai selalu positif. Dan ini tidak susah. Sangat gampang untuk selalu positif.

Trader Yang Bahagia

Ketika ada sinyal jual, dan posisi kita masih rugi. Kita tetap bahagia karena berhasil menyelamatkan modal dari kerugian yang lebih dalam lagi.

Ketika ada sinyal jual, dan posisi kita untung sedikit. Kita tetap bahagia karena setidaknya telah berhasil untung daripada mengalami rugi.

Ketika pergerakan harga terus menurun. Kita bahagia karena semakin besar potensi menikmati keuntungan saat kembali bergerak naik.

Ketika Cut Loss (CL). Kita bahagia karena punya kesempatan untuk membeli di harga yang jauh lebih rendah dari harga Cut Loss kita.

Lihat bukan? Betapa semua hal yang (sebenarnya) negatif dapat berubah menjadi postif. Hanya dengan mengubah sudut pandang kita sedikit. Sengaja tidak menggunakan contoh yang positif.

Toh, kalo kejadian positif seperti ada sinyal jual ketika untung banyak, ya pasti bahagia toh. Tidak perlu dipertanyakan lagi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa bukan mustahil untuk menjadi seorang trader selalu bahagia bukan? Tinggal mengubah sudut pandang agar dapat melihat hal yang positif dari kejadian negatif. Dan trading pun menjadi kegiatan yang selalu menyenangkan.