Trader Itu Manusia Pesisir

Trader atau Investor?

Sebuah diskusi yang (nampaknya) memang tidak pernah berakhir. Selalu menarik untuk dibahas dari berbagai sisi. Dan kali ini Sekolah Saham kembali membahas tentang Trader dan Investor ini.

Kebetulan Sekolah Saham baru membaca tentang karakteristik dari manusia pesisir dan manusia pedalaman. Dan karakteristik tersebut akan sangat tepat menggambarkan tentang Trader dan Investor.

Dikatakan bahwa manusia pesisir lebih adaptif karena sangat terekspos pada dunia luar. Mereka sangat cepat bereaksi terhadap perubahan karena memang sudah terlatih. Sangat sering menghadapi orang baru yang berbeda-beda.

Trader itu manusia pesisir

Dilain sisi, manusia pedalaman lebih rigid karena memang saangat jarang terekspos pada dunia luar. Mereka cenderung sangat kaku terhadap perubahan karena memang tidak terlatih. Hanya menghadapi orang yang itu-itu saja.

Nah, dari penggambaran karakteristik tentang manusia pesisir dan pedalaman di atas, maka dapat dengan jelas dilihat bahwa Trader mirip dengan manusia pesisir dan investor mirip dengan manusia pedalaman.

Trader itu memang sangat adaptif karena sangat terekspos pada perubahan sebagai akibat jangka waktu (time frame) trading yang lebih singkat.

Investor itu cenderung lebih kaku karena tidak terekspos pada perubahan sebagai akibat jangka waktu (time frame) investasi yang jauh lebih panjang.

Dengan kata lain, trader harus sanggup menghadapi perubahan yang cepat sedangkan investor harus sanggup untuk tidak berubah dalam jangka waktu yang lama.

Begitu kira-kira sisi lain dari Trader dan Investor. Semoga dapat lebih memahami karakteristiknya dan dapat membantu menentukan pilihan bagi pembaca apakah lebih cocok menjadi Trader atau Investor.