Rajin menabung Pangkal Kaya?

Rajin menabung pangkal kaya ada pepatah yang sangat akrab bagi masyarakat Indonesia. Tidak perlu diherankan karena memang filosofi ini telah ditanamkan tanpa henti kepada anak-anak Indonesia sedari dini. Pepatah tersebut didengung-dengungkan mulai dari pendidikan dasar (bahkan sejak taman kanak-kanak) sampai sudah bekerja. Lah, terus kenapa memang? Ada yang salah? Bukannya pepatah tersebut merupakan hal yang bagus?

Sayangnya, filosofi menabung pangkal kaya bukanlah hal yang bagus. Ada suatu syarat agar pepatah tersebut menjadi benar. Syaratnya adalah inflasi harus jauh dibawah imbal hasil (bunga) tabungan – lebih bagus lagi jika inflasi adalah nol atau malah yang terjadi adalah deflasi. Dan ini sepertinya hal yang mustahil di Indonesia. Seringnya imbal hasil (bunga) tabungan sama dengan inflasi – atau bahkan lebih parah lagi, bunga tabungan lebih kecil dari inflasi.

Rajin-Menabung-pangkal-kaya?

Jikapun ada yang bunganya melebihi inflasi, biasanya hanya sedikit diatasnya. Paling banter lebih besar 1% dari inflasi. Dan perlu diingat ini adalah inflasi rata-rata yang resmi dari pemerintah yang dihitung berdasarkan banyak faktor. Biasanya, jika dihitung berdasarkan situasi kita masing-masing, maka tingkat inflasi lebih besar dari yang diumumkan pemerintah. Mari kita ambil contoh sederhana, inflasi pada makanan dan biaya pendidikan.

Sering inflasi pada makanan dan biaya pendidikan mencapai dua digit. Jikapun tidak, seringnya berada jauh diatas inflasi rata-rata selama ini. Dengan situasi ini jelas sudah bahwa menabung tidak akan pernah membuat kita menjadi kaya. Menabung mungkin bisa menolong kita untuk dapat hidup dengan pas-pasan. Tapi kalo untuk kaya, sudah pasti tidak. Bahkan menabung bisa membuat kita tambah miskin karena nilai uang terus tergerus oleh inflasi.

Pemiskinan ini terjadi jika ternyata besarnya bunga (imbal hasil) lebih kecil dari inflasi yang terjadi. Jelas sudah jika tujuan kita menjadi kaya, rajin menabung bukanlah sebuah pilihan yang bijak. Alih-alih menjadi lebih kaya, malah jadinya menjadi lebih miskin akibat inflasi. Nah, jika selama ini anda berusaha mati-matian menabung dengan tujuan agar bisa lebih kaya, sebaiknya mulai hentikan dari sekarang. Rajin menabung bukanlah pangkal kaya.