Biar Salah Asal Untung

Biar Salah Asal Untung

Kalimat di atas menggambarkan secara pas apa yang penting dari bisnis saham itu. Yup, yang penting pada akhirnya untung. Entah sekatrok apapun teknik yang dilakukan, selama untung, ya boleh diteruskan.  Sebaliknya, secanggih apapun teknik yang digunakan, ternyata rugi, ya jangan diteruskan. Sesederhana itu sih.  Makanya kalimat sesederhana “Biar Salah Asal Untung” sudah cukup untuk menggambarkan bisnis saham.

Kalimat diatas juga menggambarkan bahwa salah sudah merupakan hal yang lumrah dalam bisnis saham. Hampir tidak mungkin bertransaksi tanpa pernah melakukan kesalahan. Dan titik kesalahan itu sangat banyak. Semua titik dalam proses bisnis saham itu sangat luas ruangan untuk berbuat salah. Jadi, jangan pernah berusaha untuk tidak salah. Tapi berusahalah untuk untung walau salah. Inilah yang secara pas digambarkan dengan kalimat “Biar Salah Asal Untung”.

Biar Salah Asal Untung

Dan itu sangat memungkinkan kok dalam bisnis saham. Tidak mesti benar baru untung. Salahpun bisa tetap untung. Disinilah pentingnya mempunyai sistem (strategi) yang lengkap. Sistem tersebut harus secara detail berisi tindakan apa yang dilakukan jika ternyata pergerakan harga saham tidak seperti yang diprediksi (diharapkan). Harus jelas apa yang dilakukan. Tapi tidak sembarangan juga. Langkah-langkah tersebut haruslah bertujuan meminimalkan kerugian — atau malah biar tetap untung.

Pada prinsipnya “Biar Salah Asal Untung” bukan juga berarti tiap salah harus tetap untung. Bukan itu. Yang benar adalah, walau salah beberapa kali, tapi secara akumulatif (setelah ditotalkan dari hasil ketika benar) hasilnya tetap untung. Nah, itulah yang hendak dicapai dari sistem yang juga berisi langkah-langkah untuk meminimalkan kerugian ketika ternyata harga bergerak tidak sesuai dengan analisa. Jadi, persiapkan sistem dengan benar dan lengkap sebelum mulai bertransaksi.

Semoga pada akhirnya kalimat “Biar Salah Asal Untung” benar-benar menggambarkan kondisi kita sebagai pebisnis saham. Kesalahan bukan lagi menjadi faktor yang perlu ditakuti. Kesalahan hanyalah menjadi sebuah dari banyak hal biasa dalam bisnis saham. Sesuatu yang tidak perlu dihindari. Kondisi ini dapat tercapai jika (tentu saja) sistem kita mengelola kesalahan dengan benar. Jadi, selamat berbnisis saham! Jangan takut salah. Toh, “Biar Salah Asal Untung”.