Dibalik Kisah Sukses

Dapat dipastikan, banyak kita yang sering kagum pada orang sukses. Dan ingin dapat ikut juga menjadi orang sukses. Tidak masalah sih. Normal-normal saja kagum pada orang sukses dan ingin mengikuti jejaknya jadi sukses.

Itu jika memang kita tahu keseluruhan alurnya hingga orang tesebut sukses. Seringnya kita tahunya hanya sepotong kisah. Hanya tahu kisah suksesnya saja.

Hal inilah yang berbahaya. Kita jadi menganggap perjuangan menjadi sukses hanya biasa-biasa saja. Bahkan lebih parah. Kita menganggap menjadi sukses itu gampang. Tidak perlu perjuangan yang luar biasa.

Dan kitapun heran, mengapa kita tidak sukes-sukses, padahal merasa telah mengikuti jejak langkah para orang sukses. Ya itu tadi, kita hanya merasa padahal yang kita ikuti tidak ada separuh usaha hingga orang tersebut menjadi sukses.

Dibalik kisah sukses

Jadi jika melihat orang sukses, jangan buru-buru kagum dulu dan kemudian buru-buru hendak meniru. Pelajari dulu bagaimana perjuangannya hingga menjadi sukses.

Cari tahu dulu seluruh kisah orang tersebut. Terutama pelajari berbagai kesulitan yang (pada akhirnya) dapat diatasi sehingga akhirnya menjadi sukes.

Pelajari juga berapa persen sebenarnya peluang sukses dengan mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tesebut. Jangan-jangan orang tersebut hanya sebuah kisah perkecualian saja. Kesuksesannya hanya keberuntungan saja.

Kan repot jika kita mengikuti yang demikian. Alih-alih ikut sukses, peluang terbesar kita adalah ikut gagal seperti mayoritas lainnya. Kesuksesan yang tidak dapat terduplikasi.

Jadi, setiap melihat kisah suskes, jangan buru-buru meniru. Pelajarilah keseluruhan kisah dibalik kesuksesan tersebut terlebih dahulu.

Sebuah hal yang harus menjadi perhatian para pe-bisnis saham. Jangan buru-buru kagum dan mengkuti orang yang dianggap sukses dalam bisnis saham.

Pelajari terlebih dahulu secara keseluruhan hal hingga akhirnya bisa sukses. Pelajari keseluruhan kisah dibalik kesuksesan bisnis saham tersebut.