Bursa Saham Indonesia Sudah Bullish Lagi

Seperti yang sudah disinggung, beberapa waktu belakangan ini saya Bearish. Ini berarti saya menganggap kondisi Bursa Saham Indonesia sedang dalam kondisi tren turun dimana penurunan harga saham akan lebih besar dari kenaikannya. Pilihan terbaik dalam kondisi ini adalah menjauh dari bursa sampai tren membalik menjadi Bullish (naik) kembali. Jika masih ingin bertransaksi, satu-satunya strategi yang memungkinkan adalah hit and run (scalping).

Saya juga telah membagi bagaimana cara saya mendeteksi tren dari Bursa Saham Indonesia. Saya menggunakan cara yang sangat sederhana yakni menggunakan MACD Bar. Jika bar berwarna merah berarti Bearish. Sebaliknya, jika bar berwarna biru berarti Bullish. Saya menggunakan jangka waktu mingguan dan bulanan. Mingguan untuk tren jangka menengah dan Bulanan untuk tren jangka panjang.

Lalu bagaimana kondisi terbaru bursa saham Indonesia? Sebelum dijawab, mari lihat dulu gambar di bawah:

IHSG Mingguan

IHSG Mingguan

IHSG Bulanan

IHSG Bulanan

Seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas, saya menggunakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk mendeteksi tren dari Bursa Saham Indonesia. Dari chart IHSG mingguan dapat kita lihat bahwa Bar berwarna hijau telah terbentuk. Ini berarti untuk jangka waktu mingguan, tren kemungkinan besar telah berbalik menjadi naik (Bullish). Tentu ini hanya prediksi, bisa jadi minggu depan bar merah kembali terbentuk yang berarti pasukan Jendral Bearish kembali berkuasa.

Dari chart IHSG bulanan dapat kita lihat bahwa bar hijau belum muncul. Ini berarti untuk jangka waktu bulanan, tren Bursa Saham Indonesia masih turun (Bearish). Jika mengkombinasikan kedua chart tersebut dapat kita simpulkan bahwa pasukan Jendral Bullish sudah mulai punya kekuatan untuk menyerang tapi kekuatan Jendral Bearish masih sangat besar. Pasukan Jendral Bullish kemungkinan akan menguasai beberapa daerah peperangan untuk seminggu kedepan.

Namun, berhubung pasukan Jendral Bearish masih sangat kuat, akan ada serangan balik yang dapat memukul mundur pasukan Jendral Bullish setelah seminggu. Dengan kata lain, walau sudah saatnya mengakumulasi saham, kita harus tetap waspada karena kemungkinan tren turun masih akan berlanjut cukup besar. Strategi yang tepat dalam kondisi kali ini adalah moderat. Moderat berarti kita sudah bisa menyimpan saham (maksimal seminggu). Tidak lagi hit and run (scalping).

Bursa Saham Indonesia memang sudah Bullish lagi – setidaknya dalam jangka waktu mingguan yang berarti kekuatan tren naiknya moderat. Belum tren naik yang kuat memang tapi setidaknya kita sudah bisa mengayun posisi dalam jangka waktu mingguan. Dengan demikian target keuntungan-pun sudah bisa diperbesar dan batas resiko sudah dapat dilonggarkan. Tentu jika minggu depan tren kembali turun maka kita harus beradaptasi kembali.