Bursa Saham Indonesia (BEI) Masih Bullish

Besok, Bursa Saham Indonesia (BEI) sudah akan buka lagi. Saatnya kita kembali melanjutkan kegiatan bisnis saham. Mencoba untuk merengguk untung sembari menghindar rugi. Seperti biasa pada setiap awal siklus mingguan, mari kita analisa kemungkinan tren dari pasar yang akan terjadi seminggu kedepan. Ya, kali ini khusus siklus mingguan. Untuk yang bulanan masih sama karena memang bulan belum berganti.

Mari lihat chart di bawah ini:

IHSG Mingguan

IHSG Mingguan

Pertama, mari kita analisa MACD histogramnya. Seperti yang dapat kita lihat, MACD histogram terakhir masih berwarna hijau. Ini mengatakan kemungkinan tren naik (Bullish) masih akan terus berlanjut. Ini berarti sudah lima minggu berturut-turut bursa saham Indonesia (BEI) dalam kondisi Bullish. Tentu saja, ini menurut sekolah saham dot com. Ini berarti sekolah saham dot com masih akan membagikan rekomendasi saham mingguannya.

Sekarang, mari kita lihat chart candlesticknya. Dapat kita lihat bahwa candlestick terakhir adalah sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini mengatakan pada kita bahwa pasukan Jendral Bullih benar-benar menguasai pertempuran. Dapat juga kita lihat bahwa candlestick sebelumnnya berbentuk doji. Ini mengatakan bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish dan Bearish seimbang. Jika kita gabungkan keduanya, maka akan semakin jelas kondisi yang sedang terjadi.

Yang sedang terjadi adalah setelah sebelumnya kekuatan seimbang (sehingga kita tidak dapat menentukan apakah akan turun atau naik), maka dengan candlestick selanjutnya dapat kita lihat bahwa akhirnya harga bergerak naik. Dapat diharapkan bahwa harga akan terus naik beberapa saat kedepan. Dapat kita lihat juga bahwa IHSG kembali berusaha menembus resistance kuatnya (MA20w). Sebelumnya, resistance ini gagal ditembus sehingga kembali bergerak turun.

Kali ini percobaan dilakukan kembali. Mari kita amati terus. Jika berhasil ditembus maka kenaikannya akan sangat signifikan. Jika gagal, kemungkinan pergerakan IHSG akan turun kembali. Mari kita amati saja untuk saat ini. Terakhir, mari kita lihat volume. Dapat kita lihat bahwa ada kenaikan volume ketika candlestick terakhir terbentuk.Ini mengkonfirmasi bahwa pembentukan candlestick putih yang panjang tersebut didukung oleh volume transaksi yang tinggi.

Dapat diharapkan bahwa sinyal tren naik (Bullish) bukanlah sinyal palsu karena didukung oleh volume yang meningkat. Dari semua analisa tersebut maka sekolah saham dot com masih Bullish. Ini berarti sekolah saham dot com akan masih agresif dalam bertransaksi saham. Namun, tetap harus disiplin untuk cut loss (jual rugi). Ini karena dalam jangka waktu bulanan, IHSG masih dalam kondisi turun (Bearish).