Bursa Saham Indonesia (BEI) Masih Bullish

Besok sudah senin lagi. Saatnya roda bisnis di Bursa Saham Indonesia (BEI/IDX) kembali berputar. Saatnya para pebisnis saham kembali mempersiapkan diri untuk berusaha menangguk untung – termasuk didalamnya sekolah saham. Seperti biasa, sekolah saham menganalisa kondisi bursa secara keseluruhan sebagai langkah pertama. Analisa bursa dilakukan dengan menggunakan chart Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bulanan dan mingguan.

Berhubung bulan belum berganti, kali ini analisa dilakukan hanya dengan menggunakan chart IHSG mingguan.

IHSG Mingguan

Bursa Saham Indonesia Bullish

Pertama, mari kita analisa berdasarkan MACD Histogram. Dapat dilihat bahwa MACD Histogram berwarna hijau dan sudah berada di atas garis 0. Ini memberitahu kita bahwa kondisi Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang berada dalam tren naik (Bullish) yang kuat. Dapat diprediksi bahwa pergerakan IHGS akan terus naik dalam seminggu kedepan. Tentu, mayoritas saham-saham juga akan berada dalam tren naik (Bullish) yang kuat.

Sekarang, mari kita lihat chart candlesticknya. Candlestick terakhir adalah sebuah candlestick putih berbatang panjang. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish sedang mendominasi pertempuran. Kemungkinan besar, pasukan Jendral Bullish masih akan terus mendominasi pertempuran dalam seminggu kedepan. Juga, dapat dilihat bahwa candlestick terakhir telah menembus resistance kuat (MA20) ke atas.

Penembuasan resistance tersebut memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish benar-benar sangat besar. Juga, perlawanan pasukan Jendral Bearish hampir sudah tidak ada lagi. Ini sebuah sinyal bahwa IHSG memang benar-benar dalam tren naik (Bullish) yang kuat. Untuk melengkapi data, mari kita lihat volume transaksina. Dapat dilihat bahwa volume transaksi terakhir meningkat lumayan signifikan.

Ini memberitahu kita bahwa tren naik (Bullish) benar-benar kuat. Juga dapat dikonfirmasi bahwa kemungkinan besar, sinyal yang ada bukanlah sinyal palsu. Bursa Saham Indonesia (BEI) benar-benar sedang dalam tren naik (Bullish) yang kuat. Ini berarti sekolah saham masih tetap dalam mode agresif. Jika perlu, membeli diharga atas. Namun, perlu diingat, pada akhirnya ini hanyalah sebuah analisa. Bisa salah, bisa benar.