Bursa Saham Indonesia (BEI) Masih Bullish

Besok sudah senin. Akan dimulai kembali siklus mingguan dari Bursa Saham Indonesia (BEI). Saatnya berusaha untuk menangguk keuntungan atau meminimalkan kerugian. Seperti biasa, setiap awal minggu, sekolah saham dot com melakukan analisa-analisa agar siap dalam mengarungi kejamnya bursa untuk seminggu kedepan. Salah satunya adalah menganalisa tren dari Bursa Saham Indonesia (BEI). Apakah naik (Bullish) atau turun (Bearish).

Analisa tren ini dilakukan berdasarkan chart Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bulanan dan mingguan. Karena bulan belum berganti, kali ini, hanya IHSG mingguan sajalah yang digunakan.

IHSG Mingguan

IHSG Mingguan

Pertama, mari kita analisa MACD Histogramnya. Dapat kita lihat bahwa MACD histogram masih berwarna hijau. Berarti, pergerakan IHSG masih dalam tren naik (Bullish) secara mingguan. Dapat diharapkan bahwa seminggu kedepan, pergerakannya masih akan tetap menaik. Dapat kita lihat juga bahwa MACD histogram sudah di atas garis 0. Ini berarti gerakan naik semakin bertenaga jika dibanding sebelumnnya (saat MACD histogram masih dibawah garis 0).

Sekarang, mari kita analisa candlesticknya. Candlestick terakhir masih berwarna putih walau berbatang relatif pendek. Ini menunjukkan bahwa pasukan Jendral Bullish masih sang pemenang. Diharapkan masih akan terus menjadi pemenang untuk seminggu kedepan. Namun, karena batangnya pendek, perlawanan dari pasukan Jendral Bearish tidak bisa dianggap remeh. Kita harus tetap hati-hati karena ada kemungkinan pembalikan arah.

Setelah dari bentuk candlesticknya, mari kita analisa berdasarkan posisi candlestick tersebut. Dapat kita lihat bahwa posis candlestick terakhir telah berada di atas garis MA20. Ini berarti telah terjadi penembusan resistance kuat. Dapat diharapkan bahwa IHSG akan terus bergerak naik setelahnya. Resiko juga mengecil karena kita telah memiliki support kuat yang diharapkan, dapat menahan kejatuhan IHSG sampai tingkat tertentu.

Terakhir, mari kita analisa berdasarkan volume transaksi. Dapat kita lihat bahwa volume transaksi relatif tinggi. Ini berarti bahwa sinyal yang muncul, kemungkinan besar bukanlah sinyal palsu. Jadi, berdasarkan semua analisa-analisa yang telah dilakukan, sekolah saham dot com memutuskan IHSG masih dalam tren naik secara mingguan. Strategi agresif masih layak dipertahankan. Bahkan, jika perlu, ke-agresifan dapat ditingkatkan lebih tinggi lagi.