Bursa Saham Indonesia (BEI) Masih Bullish

Besok sudah senin lagi. Saat dimana Bursa Saham Indonesia (BEI) memulai kembali siklus mingguannya. Sudah saatnya kitapun mempersiapkan diri. Berusaha memperoleh keuntungan dan meminimalkan kerugian dalam seminggu kedepan. Sebagai langkah pertama, mari kita analisa tren apa yang sedang berlangsung. Seperti biasa, sekolah saham dot com menggunakan data Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk menentukan tren.

Tepatnya menggunakan chart IHSG untuk menentukan tren dari Bursa Saham Indonesia (BEI). Berhubung belum berganti bulan, mari batasi analisa pada jangka waktu mingguan.

IHSG Mingguan

IHSG Mingguan

Pertama, mari kita analisa MACD histrogramnya. Dapat kita lihat, untuk minggu lalu, MACD histogram masih berwarna hijau. Ini pertanda bagus. Tren naik (Bullish) masih akan berlanjut sampai seminggu kedepan. Tentu ini adalah sebuah sinyal beli. Tentu, kita masih perlu menganalisa indikator lainnya. Sekarang mari kita analisa chart candlesticknya. Dapat kita lihat bahwa candlestick terakhir tepat sebelum resistance kuatnya (MA20).

Hal ini memberitahu kita bahwa pergerakan IHSG sedang dalam fase kritis. Akan sangat Bullish jika pada minggu ini, garis MA20 dapat ditembus. Namun, sebaliknya, jika gagal ditembus, akan terjadi tren turun (Bearish) kembali. Semoga hanya dalam jangka pendek (pullback). Namun, tidak menutup kemungkinan akan terjadi tren turun yang cukup panjang. Sekarang, mari kita lihat indikator lainnya, volume.

Dapat kita lihat bahwa volume minggu lalu terjadi penurunan jika dibandingkan volume minggu sebelumnya. Ini mengatakan bahwa sedang terjadi penurunan minat bertransaksi di pasar. Tampaknya banyak orang yang memilih untuk mengamati dulu. Ini adalah sebuah sinyal agar kita hati-hati dalam seminggu kedepan. Jika MA20 ditembus, kemungkinan besar, transaksi beli akan meningkat tajam. Harga saham-saham akan naik tajam.

Sebaliknya, jika MA20 gagal ditembus, kemungkinan besar, transaksi jual yang akan meningkat tajam. Harga saham-saham akan turun tajam. Berdasarkan analisa tersebut, sekolah saham dot com masih menganjurkan untuk melakukan posisi beli seminggu kedepan. Namun, karena resiko sedang tinggi, jangan sampai menghabiskan dana. Sebaiknya selalu ada dana sisa yang dapat digunakan setiap saat. Dan juga, agar tetap disiplin.