Bursa Saham Indonesia (BEI) Masih Bearish

Besok sudah senin lagi. Saatnya kita mempersiapkan diri untuk menghadapi pertempuran di Bursa Saham Indonesia (BEI). Persiapan pertama adalah dengan berusaha membaca kondisi bursa dan memprediksi bagaimana pergerakannya untuk seminggu kedepan. Dengan demikian diharapkan bahwa kita dapat memilih strategi yang tepat. Untuk membaca kondisi bursa, sekolah saham menggunakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Tepatnya menggunakan chart IHSG bulanan dan mingguan. Berhubung kali ini masih dibulan yang sama dengan minggu kemarin, kita hanya akan membahasa chart IHSG mingguan saja.

IHSG Mingguan

IHSG-Mingguan-20131208

Pertama, mari kita analisa chart diatas dengan menggunakan MACD histogram. Dapat kita lihat bahwa MACD histogram terakhir masih berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa tren turun (bearish) masih terus berlanjut. Diprediksi, pergerakan IHSG akan masih menurun dalam seminggu kedepan. Tentu, sebagian besar saham-saham di BEI akan bergerak searah dengan pegerakan IHSG ini. Harga-harga masih akan terus turun.

Sekarang, mari kita analisa berdasarkan candlesticknya. Dapat kita lihat bahwa candlestick terakhir adalah candlestick hitam berbatang relatif pendek dengan ekor keatas. Ini memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish masihlah sang pemenang. Namun, dominasi pasukan Jendral Bearish sudah semakin berkurang. Perlawanan pasukan Jendral Bullish semakin menguat. Ada peluang pasukan Jendral Bullish akan memenangkan pertempuran.

Namun, peluang tersebut masih membutuhkan konfirmasi. Jika tidak ada konfirmasi, dapat kita asumsikan bahwa pasukan Jendral Bearish masih akan terus menguasai pertempuran. Sebagai tambahan, mari kita analisa volume transaksinya. Dapat kita lihat volume transaksi terus menurun dibanding minggu-minggu sebelumnya. Ini memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish memang sedang melemah.

Jadi, hasil analisa candlestick dan volume transaksi sejalan. Ada peluang bahwa pertempuran akan berbalik arah dalam waktu dekat ini. Kita harus benar-benar waspada dan harus siap jika memang akan terjadi pembalikan arah. Uang tunai harus tersedia. Namun, secara garis besar, bursa masih dalam tren turun (bearish) jadi tetap, resiko masih lebih besar dibanding potensi keuntungan. Ini berarti rekomendasi mingguan masih tidak akan terbit.