Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia / BEI

Besok sudah Senin lagi. Saatnya siklus mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI dimulai kembali. Sekolah Saham akan memprediksi bagaimana kira-kira pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Seperti biasa, digunakan chart mingguan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai alat bantu. 

Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI

Mari kita lihat indikator Moving Average Divergence Convergence (MACD) nya. MACD histogram terakhir masih berwarna merah. Ini memberitahu kita bahwa secara mingguan, bursa masih dalam tren turun (Bearish). Berarti pergerakan turunnya telah terdeteksi 2 minggu berturut-turut.

Sekarang, mari lihat indikator Money Flow Index (MFI) nya. Tampak garis MFI bergerak turun mendekati garis 50%. Bergerak turun berarti sedang terjadi arus uang keluar (outflow). Berada didekat garis 50% berarti ruang penurunan masih cukup besar hingga mencapai area oversold.

Terakhir, mari kita lihat chart Candlesticknya. Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa Pasukan Jendral Bearish kembali dominan. Mereka menguasai pertempuran, hampir tanpa perlawanan. Dapat dilihat juga bahwa garis konsolidasi (warna coklat) telah tertembus kebawah. Konsolidasi berakhir.

Sekolah Saham menyimpulan, secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) telah berada dalam tren turun (Bearish). Kemungkinan akan terus bergerak turun untuk seminggu kedepan. Sebaiknya kita istirahat saja seminggu kedepan. Jikapun ingin trading, gunakan strategi yang tepat untuk suasana Bearish.