Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia / BEI

Siklus Mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI akan dimulai lagi. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira kondisi bursa untuk seminggu kedepan. Semoga dapat berguna untuk memilih strategi yang tepat (demi hasil yang optimal) dalam seminggu kedepan. 

Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI

Pertama, mari kita lihat indikator Moving Average Convergence/Divergence (MACD). Tampak bahwa MACD histogram terakhir masih berwarna hijau. Ini berarti bursa masih meneruskan pergerakan naiknya (Bullish) dari minggu lalu. Yup, bursa dalam masih dalam tren naik (Bullish) yang kuat.

Sekarang, mari lihat indikator Money Flow Index (MFI) nya. Tampak bahwa MFI sedang bergerak naik menuju garis 80% — setelah melewati garis 50%. Ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi aliran dana masuk (inflow). Peluang kenaikan juga masih cukup luas sebelum memasuki area jenuh beli (overbought).

Terakhir, mari kita lihat chart Candlestick. Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bearish dan kekuatan pasukan Jendral Bullish sama kuat. Sebuah ketidakpastian. Secara general juga (garis coklat) chart memberitahu kita bahwa bursa masih dalam konsolidasi.

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa bursa sedang dalam tren konsolidasi setelah sebuah tren naik (Bullish). Kemungkinan besar, setelah konsolidasi, akan kembali dalam tren naik (Bullish). Tentu ini saatnya untuk membeli. Tetap harus hati-hati. Peluang masuk dalam tren turun (Bearish) bukan sama sekali nggak ada. Tetap pasang level Stop untuk berjaga-jaga.