Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia / BEI

Besok sudah awal minggu lagi. Saat siklus mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI dimulai kembali. Saatnya Sekolah Saham kembali menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Seperti biasa, digunakan chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) untuk melakukan analisa. 

Analisa Minggua Bursa Saham Indonesia/BEI

Mari kita analisa indikator MACD nya. Tampak bahwa MACD histogram terakhir kembali menghijau — setelah sebelumnya merah. Ini memberitahu kita bahwa sinyal Bearish sebelumnya adalah sinyal palsu. BEI kembali meneruskan tren naik (Bullish) yang kuat — yang terjadi minggu-minggu sebelum minggu lalu.

Sekarang kita analisa indikator Money Flow Index (MFI) nya. Garis MFI masih di area 50% dan tampak sedang bergerak naik. Ini memberitahu kita bahwa ruang kenaikan masih cukup luas sebelum overbought (jenuh beli). Juga memberitahu bahwa sedang ada aliran dana masuk (inflow).

Terakhir, mari analisa chart candlesticknya. Tampak bahwa pasukan Jendral Bullish kembali memenangkan pertempuran. Dapat diharapkan akan kembali menang seminggu kedepan. Namun, secara umum, secara mingguan, sedang terjadi konsoidasi (garis coklat). Kekuatan pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Bearish tampak sama kuat sehingga silih berganti memenangkan pertempuran dalam beberapa minggu terakhir.

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang dalam masa konsolidasi dalam tren naik (Bullish). Tentu ini saatnya untuk mengakumulasi sebelum pada akhirnya, bursa kembali bergerak naik saat konsolidasi selesai. Pasukan Jendral Bullish tampak sedang berusaha mengakhiri masa konsolidasi ini.