Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia /BEI

Siklus mingguan bursa dimulai lagi. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira kondisi Bursa Saham Indonesia/BEI untuk seminggu kedepan. Seperti biasa, digunakan chart mingguan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) untuk melakukan analisa. 

Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia/BEI

Mari kita lihat indikator MACD nya. Tampak bahwa MACD Histogram masih berwarna hijau dan masih diatas garis 0. Ini memberitahu kita bahwa tren naik (Bullish) Bursa Saham Indonesia/BEI masih masuk dalam kategori kuat — seperti analisa minggu lalu.

Sekarang, mari kita lihat indikator Money Flow Index (MFI) nya. Tampak bahwa garis MFI masih berada pada area garis 50%. Ini memberitahu kita bahwa ruang kenaikan masih cukup luas. Garis MFI mendatar memberitahu kita bahwa saat ini inflow dan outflow relatif berimbang.

Terakhir, mari kita lihat candlestick-nya. Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish sedang memenangkan pertempuran. Namun belum dapat menembus benteng kuat (garis merah) Jendral Bullish. Kemungkinan pasukan Jendral Bearish masih akan memenangkan pertempuran seminggu kedepan, namun peluang  serangan balik Jendral Bulish juga masih terbuka lebar.

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa kondisi Bursa Saham Indonesia/BEI masih kondusif — masih dalam tren naik (Bullish). Namun, kewaspadaan harus ditingkatkan karena tampaknya pasukan Jendral Bearish sedang diatas angin. Trading jalan terus namun dengan level Cut Loss (CL) yang diketatkan. Begitu ada tanda-tanda pasukan Jendral Bearish meneruskan kemenangannya, langsung jual.