Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 29012017

Besok, Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dibuka kembali. Siklus mingguan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira kondisi bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan pada chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Analisa Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di bawah garis 0 dan bergerak menaik (berwarna hijau). Ini memberitahu kita bahwa koreksi dalam tren turun (Bearish) masih terus berlanjut. Kemungkinan masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan. Ya, pergerakan bursa masih cenderung menaik secara mingguan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di bawah garis 50%. Ini berarti ruang kenaikan lebih besar dari ruang penurunan. Potensi keuntungan sudah lebih besar dari resiko. Beda sedikit ya. Garis MFI mendatar yang berarti inflow sama outflow seimbang. Sinyal bagus, karena sebelumnya outflow yang terjadi. Inflow relatif menguat dalam hal ini.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish menang cukup dominan. Kemungkinan besar, untuk seminggu kedepan, pasukan Jendral Bullish masih akan meneruskan dominasinya. Harga akan bergerak naik.

Secara keseluruhan, dapat dilihat bahwa pasukan Jendral  Bullish berhasil merebut benteng pertahanan kuat pasukan Jendral Bearish (garis MA 20). Ini berarti pasukan Jendral Bullish punya landasan yang kuat untuk terus merangsek maju menguasai daearah pasukan Jendral Bearish.

Kesimpulan

Berdasarkan semua analisa, Sekolah Saham menyimpulkan bahwa bursa sedang koreksi dalam tren turun (Bearish). Sinyal-sinyal koreksi akan berlanjut cukup kuat. Saatnya memanfaatkan momentum ini untuk trading. Syukur-syukur koreksi terus berlanjut menjadi tren naik (Bullish). Tentu karena suasananya masih Bearish, stop loss yang ketat suatu keharusan.