Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 27082017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira arah pergerakan pasar seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). 

IHSG Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di bawah garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Ini berarti pergerakan bursa sedang koreksi dalam tren turun (Bearish). Kemungkinan pergerakan ini masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada pada garis 50%. Ini berarti ruang kenaikan untuk gerakan koreksi yang sedang terjadi masih luas. Resiko cukup kecil dalam hal ini. Garis MFI tampak mendatar, yang berarti sedang terjadi keragu-raguan apakah gerakan koreksi berlanjut atau tidak.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita walau pasukan Jendral Bullish masih memenangkan pertempuran, namun kekuatan pasukan Jendral Bearish meningkat signifikan. Perlawanan pasukan Jendral Bearish menguat. Sebuah warning ada peluang pembalikan arah kemenangan seminggu kedepan.

Dari sudut pandang yang lebih luas, pasukan Jendral Bullish masih di atas angin. Walau perlawanan pasukan Jendral Bearish sudah kelihatan, namun masih belum mampu untuk mendesak mundur pasukan Jendral Bullish. Untuk seminggu kedepan, kemungkinan pasukan Jendral Bullish masih akan tmenang walau mungkin tidak dominan lagi.

Kesimpulan

Pergerakan bursa sedang koreksi dalam tren turun (Bearish). Tentu paling baik menunggu dulu hingga koreksi tersebut menjadi tren naik (Bullish). Namun, jika ingin, kita dapat berspekulasi memanfaatkan gerakan koreksi ini untuk mengambil keuntungan dalam jangka pendek.