Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 26112017

Besok, siklus mingguan akan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan Bursa Efek Indonesia (BEI) seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG. 

IHSG Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Ini berarti pergerakan bursa sedang berada dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI tampak berada dekat garis 80%. Ruang kenaikan sebelum daerah jenuh beli relatif kecil. Garis MFI melandai yang berarti dorongan untuk tren naik yang ada semakin berkurang. MFI memberikan sinyal untuk hati-hati seminggu kedepan.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Berish sama kuat. Siapapun bisa menjadi pemenang seminggu kedepan. Peluangnya 50%-50%.

Dari sudut pandang yang lebih luas, Pasukan Jendral Bullish masih sanggup merangsek maju. Tapi sudah tidak dominan lagi. Kekuatan pasukan Jendral Bearish benar-benar tidak bisa dianggap remeh. Kemungkinan pasukan Jendral Bullish terus melaju memang lebih besar, tapi kemungkinan sebaliknya juga tidak kecil.

Kesimpulan

Pergerakan bursa masih dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Namun kita harus hati-hati karena peluang terjadi pembalikan arah — atau setidaknya koreksi semakin membesar. Jadi mari kita terus trading tapi mempersiapkan exit plan ketika ternyata memang terjadi pembalikan arah atau koreksi.

Speak Your Mind

*