Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 23072017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) kembali berputar. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan pasar seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). 

Analisa IHSG Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram tampak berada di atas garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini memberitahukan bahwa gerakan koreksi dalam tren naik (Bullish) masi terjadi. Dan kemungkinan besar masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

MFI berada dekat di bawah garis 50% yang berarti ruang penurunan  koreksi masih cukup besar (sebelum mencapai area jenuh jual). Resiko masih cukup tinggi. Garis MFI menurun yang berarti sedang terjadi aliran dana keluar (outflow). Ini mengkonfirmasi gerakan koreksi (yang terdeteksi MACD).

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu bahwa pasukan Jendral Bearish sangat mendominasi pertempuran. Hampir tidak terlihat perlawanan dari pasukan Jendral Bullish. Kemungkinan besar, pasukan Jendral Bearish masih akan mendominasi untuk seminggu kedepan.

Secara sudut pandang lebih luas, pasar masih dalam area konsolidasi yang telah terjadi beberapa minggu kebelakang. Jadi, sebenarnya masih belum dapat ditentukan kecendrungan arah pegerakan pasar. Peluang kedua belah pihak memenangkan pertempuran selanjutnya masih terbuka.

Kesimpulan

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, bursa sedang bergerak koreksi (menurun) dalam tren naik (Bullish). Tentu kesempatan untuk membeli di harga murah. Namun, sebaiknya, menunggu dulu gerakan koreksi berakhir agar tidak terjebak ketika ternyata koreksi berlanjut menjadi tren turun (Bearish).

Speak Your Mind

*