Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 21012018

Besok, siklus mingguan BEI akan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira arah pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG.

Analisa BEI

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Ini berarti bursa sedang dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI menaik yang berarti sedang ada aliran dana masuk (inflow). Ini mengkonfirmasi tren naik yang terjadi. Garis MFI berada di atas garis 80% yang berarti bursa berada dalam area jenuh beli. Tinggal tunggu waktu saja terjadinya pembalikan arah.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish menang dengan cukup dominan. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

Dari sudut pandang lebih luas, setelah dua minggu terjadi pertarungan yang cukup sengit, akhirnya pasukan Jendral Bullish keluar sebagai pemenang. Terkonfirmasi bahwa tidak terjadi pembalikan arah, melainkan penerusan tren naik sebelumnya. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

Kesimpulan

Secara mingguan, bursa sedang dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Silahkan trading sampai terbukti sebaliknya. Ada sinyal jenuh beli namun cukup sebagai sinyal hati-hati sampai terkonfirmasi adanya pembalikan arah tren. Selamat trading!