Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 20082017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan arah bursa. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Chart mingguan IHSG

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di bawah garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Ini berarti pergerakan bursa sedang koreksi dalam tren turun (Bearish). Kemungkinan akan terus berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI menaik yang berarti sedang terjadi inflow (aliran dana masuk) ke bursa. Ini mengkonfirmasi gerakan menaik (koreksi) yang terjadi. Garis MFI berada di sekitar area 50% yang berarti ruang kenaikan (untuk koreksi) masih cukup luas.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish menang sangat telak. Bahkan tampak tidak ada sama sekali perlawanan pasukan Jendral Bearish. Pasukan Jendral Bullish menang dari awal hingga akhir petempuran.

Secara keseluruhan, benteng pasukan Jendral Bullish (Garis MA20) memang sangat kuat. Terbukti begitu mendekati area tersebut, pasukan Jendral Bullish langsung mendominasi pertempuran. Juga dapat terlihat area konsolidasi telah ditinggalkan. Kemungkina gerakan maju Jendral Bullish akan terus berlanjut.

Kesimpulan

Secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang koreksi dalam tren turun (Bearish). Sebaiknya menunggu dulu hingga koreksi ini berubah jadi tren naik (Bullish). Namun, untuk jangka pendek, tentu lumayan juga jika memanfaatkan gerakan koreksi ini untuk menangguk untung.