Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 19022017

Siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dimulai kembali. Saatnya Sekolah Saham mengananlisa bagaimana kira-kira pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan pada chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Analisa IHSG mingguan

MACD (Moving Average Convergence/Divergence)

MACD Histogram terakhir (masih) berada di bawah garis 0 dalam gerak menaik (berwarna hijau). Ini berarti diperkirakan, pergerakan bursa seminggu kedepan masih koreksi dalam tren turun (Bearish). Gerakan menaik, tapi tren masih belum berubah — masih tren turun (Bearish).

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada diantara garis 50%-80%. Ini berarti ruang kenaikan untuk koreksi relatif terbatas. Resiko semakin tinggi. Garis MFI tampak menurun yang berart sedang ada aliran dana keluar (outflow). Ini mengkonfirmasi resiko yang semakin besar. Kemungkinan koreksi (dalam tren turun) berakhir telah di depan mata.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish memenangkan pertempuran dengan dominan. Kemungkinan besar dominasi pasukan Jendral Bearish ini masih berlanjut seminggu kedepan.

Secara keseluruhan, ini adalah kelanjutan apa yang terjadi minggu lalu. Lebih tepatnya, konfirmasi bahwa pasukan Jendral Bearish memang menguat sementara pasukan Jendral Bullish melemah. Kemungkinan hal ini masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

Kesimpulan

Bursa Saham Indonesia (BEI) masih dalam gerakan koreksi (menaik) pada tren turun (Bearish). Namun, sinyal akan berakhirnya koreksi ini sudah terlihat. Kita harus sangat waspada. Begitu terkonfirmasi koreksi berakhir, langsung dalam posisi jual. Selamat trading.