Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 18122016

Sudah Minggu lagi. Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia akan dimulai kembali. Saatnya menganalisa kondisi bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan pada chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). 

Analisa Mingguan BEI

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Historgram berada di bawah garis 0 dan sedang menaik (berwarna hijau). Ini memberitahu kita bahwa pergerakan bursa masih dalam koreksi pada tren turun (Bearish). Kemungkinan pergerakan ini masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada pada garis 0 yang memberitahu ruang penurunan untuk tren turun (Bearish) masih cukup luas. Resiko masih sangat besar. Garis MFI tampak mendatar yang berarti kenaikan (inflow) sebelumnya telah berakhir. Ini sinyal bahwa kemungkina pergerakan koreksi akan berakhir.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish memenangkan pertempuran dengan cukup dominan. Kemungkinan dominasi ini akan berlanjut seminggu kedepan.

Dari sudut pandang lebih luas, dapat dilihat bahwa akhirnya dominasi pasukan Jendral Bullish dua minggu terakhir telah berhasil dipatahkan. Dapat dilihat juga bahwa hal ini terjadi di area benteng kuat Jendral Bearish (Garis MA20). Benteng yang tidak tertembus. Kemungkinan besar, seminggu kedepan adalah giliran pasukan Jendral Bearish yang mendominasi.

Kesimpulan

Berdasarkan semua analisa, Sekolah Saham menyimpulkan bahwa Bursa Saham Indonesia (BEI) berada dalam koreksi pada tren turun (Bearish). Dan ada tanda-tanda koreksi akan berakhir dan pergerakan bursa kembali berada dalam Bearish sempurna. Saatnya menjauh dari market. Setidaknya sampai terbukti berakhirnya koreksi ini tidak benar.

Jikapun ingin trading, hanya trading jangka super pendek saja. Trading yang sangat bersifat spekulatif. Harus hati-hati sekali.