Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 18062017

Sudah Minggu lagi. Siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan segera dimulai kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

IHSG Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini berarti pergerakan bursa sedang koreksi dalam tren naik (Bullish). Kemungkinan koreksi ini masih akan terus berlanjut dalam seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di antara garis 80%-50% yang berarti ruang penurunan untuk koreksi relatif masih besar. Juga garis MFI menurun yang berarti sedang terjadi outflow. Ini mengkonfirmasi koreksi yang terdeteksi pada MACD.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bullish keluar sebagai pemenang. Namun, pada saat terakhir tampak bahwa pasukan Jendral Bearish tampak menguat sehingga dapat mendesak pasukan Jendral Bullish mundur cukup jauh. Memang belum cukup untuk mengalahkan, tapi sudah layak menjadi sinyal bahwa kemenangan pasukan Jendral Bullish mungkin tidak berlanjut.

Secara sudut pandang lebih luas, tampak bahwa tren datar masih terus berlanjut. Pertempuran antara pasukan Jendral Bullish dan pasukan Jendral Bearish masih sangat sengit sehingga tidak dapat ditentukan pihak mana yang akan memenangkan pertempuran dalam seminggu kedepan. Pasar masih sangat susah diperkirakan arahnya.

Kesimpulan

Secara mingguan, pergerakan Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang koreksi dalam tren naik (Bullish). Tentu kesempatan untuk berspekulasi membeli di harga murah. Tapi sebaiknya tunggu dulu hingga koreksi berakhir karena peluang koreksi terus berlanjut menjadi tren turun (Bearish) cukup kuat.