Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 17092017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

BEI Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di bawah garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini berarti pergerakan bursa masih dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Kemungkinan besar masih akan bergerak menurun seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di area 50% yang berarti ruang penurunan untuk tren turun masih cukup besar. Resiko masih tinggi. Garis MFI tampak menaik yang berarti sedang ada aliran dana masuk (inflow). Ini kontra dengan tren turun yang terjadi. Ada peluang akan terjadi pembalikan arah seminggu kedepan.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahukan bahwa pasukan Jendral Bullish mulai menguat. Namun belum dapat dipastikan bagaimana hasil peperangan minggu depan karena pasukan Jendral Bearish pun tidak kalah kuatnya. Dalam kata lain, kekuatan kedua belah pihak sebanding.

Dari sudut pandang lebih luas, tampak bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish terus menguat setelah didominasi pasukan Jendral Bearish dua minggu lalu. Ada kemungkinan tren penguatan pasukan Jendral Bullish ini akan berlanjut seminggu kedepan.

Kesimpulan

Secara mingguan, pergerakan bursa masih dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Namun kondisi lebih cerah karena ada tanda-tanda akan terjadi pembalikan arah — atau setidaknya gerakan koreksi. Namun sifatnya masih spekulasi, belum terkonfirmasi. Boleh trading asal hati-hati. Lebih aman lagi jika menunggu konfirmasi terlebih dahulu.