Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 16042017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dimulai kembali. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan bursa seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). 

Analisa Mingguan BEI

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan cenderung menurun (berwarna merah). Ini memberitahukan kita bahwa secara mingguan, pergerakan bursa sedang berada dalam tahap koreksi dalam tren naik. Kemungkinan koreksi ini masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di antara garis 50% dan 80%. Masih cukup besar ruang sebelum mencapai area jenuh beli. Namun dapat dilihat juga bahwa garisnya menurun yang berarti sedang ada aliran dana keluar. Ini mengkonfirmasi gerakan koreksi yang di deteksi oleh MACD.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish keluar sebagai pemenang dengan cukup dominan. Kemungkinan masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

Secara lebih luas, setelah sekian lama (4 mingguan) pasukan Jendral Bullish mendominasi, akhirnya pasukan Jendral Bearish berhasil melakukan perlawanan yang sangat kuat hingga dapat merangsek maju cukup jauh. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

Kesimpulan

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, BEI sedang koreksi dalam tren naik (Bullish). Jika dapat memanfaatkan tahap koreksi ini secara benar, kita akan dapat membeli saham di harga yang cukup murah untuk kemudian menjualnya ketika akhirnya naik lagi. Yang lebih aman, tunggu hingga koreksi berakhir baru mulai membeli kembali. Selamat trading!