Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 13082017

Siklus mingguan kembali berputar. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan Bursa Saham Indonesia (BEI) seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

IHSG Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram tampak berada di bawah garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini berarti pergerakan bursa telah berada dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI tampak menurun yang berarti sedang terjadi aliran dana keluar (outflow). Mengkonfirmasi sinyal Bearish MACD. Garis MFI berada pada garis 50% yang berarti ruang penurunan masih sangat luas. Resiko masih sangat tinggi.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa sempat ada perlawanan kuat pasukan Jendral Bullish namun akhirnya dapat dipatahkan dan akhirnya pasukan Jendral Bearish lah yang keluar sebagai pemenang. Kemungkinan kemenangan pasukan Jendral Bearish ini masih akan berlanjut seminggu kedepan.

Secara lebih luas, pergerakan bursa masih dalam area konsolidasi beberapa minggu ke belakang. Jadi, belum dapat dikatakan sepenuhnya bahwa pasukan Jendral Bearish pasti akan memenangkan pertempuran. Perubahan arah angin kemenangan masih terbuka.

Kesimpulan

Secara mingguan, pergerakan Bursa Saham Indonesia (BEI) sedang berada dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Memang selalu ada peluang berbaalik arah, namun masih sebatas peluang saja. Baiknya kita istirahat dulu hingga pergerakan bursa kembali kondusif. Jikapun trading, sifatnya sangat spekulatif saat ini.