Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 11022018

Besok, siklus mingguan BEI akan berputar kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira arah pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG.

Analisa BEI

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di atas garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini berarti bursa sedang koreksi (menurun) dalam tren naik (Bullish). Kemungkinan koreksi masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di atas garis 80% yang berarti bursa sedang dalam kondisi jenuh beli. Sebuah sinyal untuk hati-hati karena resiko penurunan relatif tinggi. Garis MFI menurun yang berarti aliran dana sedang keluar (outflow). Ini mengkonfirmasi sinyal koreksi yang terdeteksi MACD.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa pasukan Jendral Bearish keluar sebagai pemenang dengan kekuatan yang cukup signifikan. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

Dengan sudut pandang lebih luas, Pasukan Jendral Bearish akhirnya dapat memberikan perlawanan yang signifikan setelah beberapa minggu kebelakang selalu didominasi oleh Pasukan Jendral Bullish. Kemungkinan perlawanan kuat pasukan Jendral Bearish masih akan berlanjut semingg kedepan.

Kesimpulan

Secara mingguan, bursa sedang koreksi dalam tren naik (Bullish). Tentu ini kesempatan membeli pada harga yang lebih bagus sebelum tren naik sempurna kembali berlanjut. Tentu akan lebih aman jika trading saat sinyal berakhirnya koreksi telah muncul. Silahkan dipilih mana yang paling tepat bagi kita, menunggu dulu atau langsung trading saja.

Speak Your Mind

*