Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 10092017

Besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dimulai kembali. Saatnya menganalisa bagaimana kira-kira arah pergerakan bursa seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Analisa  BEI Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD histogram berada di bawah garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini berarti pergerakan bursa masih dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Kemungkinan masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di antara garis 50% dan 20%. Ini berarti ruang penurunan untuk tren turun masih cukup besar. Resiko masih tinggi. Garis MFI tampak menurun yang berarti sedang terjadi aliran dana keluar (outflow). Ini mengkonfirmasi sinyal Bearish pada MACD.

Chart Candlestick

Awalnya, pasukan Jendral Bearish sangat mendominasi pertempuran hingga merangsek jauh ke daerah pasukan Jendral Bullish. Kemudian pasukan Jendral Bullish berhasil bangkit dan dapat mendesak pasukan Jendral Bearish mundur ke titik semula. Ada peluang pasukan Jendral Bullish menang tapi belum terkonfirmasi sepenuhnya.

Dari sudut pandang lebih luas, dapat dilihat bahwa setelah sekian lama, benteng kuat pasukan Jendral Bullish (garis MA20) tersentuh gempuran pasukan Jendral Bearish. Namun, kekuatan pasukan cadangan di benteng masih sangat kuat hingga akhirnya pasukan Jendral Bearish terpukul mundur sangat jauh. Selama benteng ini tidak tertembus, dapat diharapkan pada akhirnya pasukan Jendral Bullish akan menang.

Kesimpulan

Pergerakan bursa masih dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Memang ada sinyal yang mengisyaratkan bahwa ada kemungkinan akan terjadi pembalikan arah. Namun, masih sangat lemah karena belum terkonfirmasi. Jadi, untuk amannya mari istirahat dulu sembari menanti konfirmasi. Tapi, jika ingin trading juga bisa, asal sadar sepenuhnya bahwa market masih Bearish.