Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 10062016

Setelah libur cukup panjang, besok, siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan dimulai kembali. Saatnya mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar memperoleh hasil yang optimal dalam seminggu kedepan. Sebagai langkah pertama, mari analisa bagaimana kira-kira kondisi bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan pada chart mingguan IHSG.

IHSG Mingguan 01072016

Mari analisa indikator MACD (Moving Average Convergence-Divergence). MACD Histogram berada di atas  garis 0. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan bursa kembali berada dalam tren naik (Bullish). Dapat dilihat juga Histogramnya berwarna hijau yang semakin menguatkan pergerakan tren naik. Telah terjadi pembalikan arah dari yang sebelumnya tren turun (Bearish) menjadi tren naik (Bullish).

Sekarang, mari analisa indikator MFI (Money Flow Index). Garis MFI berada di area 0. Ini memberitahu kita bahwa ruang kenaikan (untuk Bullish yang terjadi) masih sangat luas sebelum mencapai daerah jenuh beli (oversold). Resiko relatif kecil. Garis MFI menaik yang berarti sedang terjadi aliran dana masuk. Kemungkinan akan terus berlanjut untuk seminggu kedepan.

Mari analisa Candlesticknya. Candlestick terakhir memberitahu kita bahwa kekuatan pasukan Jendral Bullish benar-benar dominan. Tidak ada perlawanan yang berarti dari pasukan Jendral Bearish. Tanda-tanda perlawanan sama sekali tidak ada. Kemungkinan besar, dominasi pasukan Jendral Bullish masih akan berlanjut seminggu kedepan.

Sekarang mari analisa chartnya dari sudut pandang lebih luas. Tampak bahwa beberapa minggu belakangan, pertahanan kuat Jendral Bullish (garis MA20) menjadi titik pertempuran yang sangat sengit. Usaha pasukan Jendral Bearish untuk menembus selalu dapat digagalkan oleh pasukan Jendral Bullish yang bertahan dalam benteng. Dan pada akhirnya, pasukan Jendral Bullish telah cukup kuat untuk menyerang maju keluar dari benteng hingga memukul jauh pasukan Jendral Bearish yang kelelahan.

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, Bursa Saham Indonesia (BEI) telah kembali berada dalam tren naik (Bullish). Bukan sembarangan tren naik, melainkan tren naik yang kuat. Jadi, diprediksi, pasar akan bergerak naik dalam seminggu kedepan. Mungkin akan terjadi koreksi, tapi tentu saja, ini adalah kesempatan beli. Jika sudah punya saham, saatnya “Let The Profit Run“. Selamat trading!