Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 08102017

Siklus mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) akan berputar kembali. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

IHSG Mingguan

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram berada di bawah garis 0 dan menurun (berwarna merah). Ini berarti pergerakan bursa sedang dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Kemungkinan masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di area garis 50% yang berarti ruang penurunan untuk Bearish masih cukup luas. Resiko masih tinggi. Garis MFI tampak menurun yang berarti sedang terjadi aliran dana keluar (outflow). Ini mengkonfirmasi tren turun yang sedang terjadi.

Chart Candlestick

Awalnya, pasukan Jendral Bullish tampak mendominasi. Namun akhirnya melemah sehingga pasukan Jendral Bearish dapat membalikkan keadaan dan memenangkan pertempuran. Tampaknya pertempuran sengit ini masih akan terus berlanjut. Belum ada pihak yang benar-benar dominan. Peluang kedua pihak masih sama besar.

Dari sudut pandang lebih luas, pasukan Jendral Bearish dan pasukan Jendral Bullish tampak masih sama kuat dalam dua minggu terakhir — setelah sebelumnya pasukan Jendral Bulish lebih dominan. Ini sebenarnya pertanda bahwa pasukan Jendral Bearish telah menguat namun belum bisa mendominasi karena pasukan Jendral Bulish bertahan sekuat tenaga. Perlu menunggu apakah akhirnya pasukan Jendral Bearish berhasil mendominasi atau tidak.

Kesimpulan

Secara mingguan, pergerakan bursa masih dalam tren turun (Bearish) yang sempurna. Lebih aman jika liburan dulu sembari menunggu ada sinyal sebaliknya. Tentu, tetap bisa trading tapi harus sangat hati-hati mengingat resiko masih sangat tinggi. Gunakan strategi trading saat Bearish.

Speak Your Mind

*