Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 05032017

Siklus mingguan akan segera dimulai kembali. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kira-kira pergerakan Bursa Saham Indonesia (BEI) untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan terhadap chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan).

Analisa Mingguan BEI

MACD (Moving Average Convergence-Divergence)

MACD Histogram terakhir berwarna hijau dan berada di atas garis 0. Ini memberitahu kita bahwa pergerakan bursa secara mingguan, sedang berada dalam tren naik (Bullish) yang sempurna. Kemungkinan besar masih akan berlanjut seminggu kedepan.

MFI (Money Flow Index)

Garis MFI berada di sekitar area garis 0. Ini memberitahu kita bahwa ruang kenaikan dan penurunan relatif seimbang. Potensi dan resiko peluangnya sama. Garis MFI tampak menurun yang berarti sedang terjadi ouflow. Ini merupakan kontra apa yang terjadi di MACD. Sebuah peringatan untuk tetap berhati-hati.

Chart Candlestick

Candlestick terakhir memberitahukan bahwa dominasi Pasukan Jendral Bullish telah berakhir. Kekuatan pasukan Jendral Bearish telah bangkit hingga dapat menahan rangsekan pasukan Jendral Bullish. Tidak bisa diprediksi apa yang akan terjadi seminggu kedepan.

Secara lebih luas, gerakan maju pasukan Jendral Bullish tertahan. Namun tidak berarti juga pasukan Jendral Bearish dapat gantian merangsek. Dalam hal ini, pasukan Jendral Bearish masihlah sebagai pihak bertahan (hanya saja dengan kekuatan yang semakin besar). Pasukan Jendral Bullish masih sedikit di atas angin dalam hal ini.

Kesimpulan

Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, pergerakan bursa sedang berada dalam tren naik (Bullish). Tentu ini merupakan saat yang tepat untuk berada di dalam pasar. Tapi tetap harus hati-hati karena ada beberapa keraguan apakah gerakan naik sempurna ini akan terus berlanjut. Sudah mulai terlihat ada perlawanan. Selalu pasang stop loss.