Analisa Mingguan Bursa Saham Indonesia (BEI) 04122016

Siklus Bursa Saham Indonesia (BEI) akan segera dimulai. Saatnya Sekolah Saham menganalisa bagaimana kondisi bursa untuk seminggu kedepan. Analisa dilakukan pada chart mingguan IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). 

IHSG mingguan

Moving Average Convergence-Divergence (MACD). MACD Histogram berada di bawah garis 0 dan menaik (berwarna hijau). Ini berarti pergerakan bursa sedang koreksi dalam tren turun (Bearish). Kemungkinan koreksi masih akan berlanjut seminggu kedepan. Harga masih akan bergerak naik.

Money Flow Index (MFI). Garis MFI berada di area 50%. Ini berarti ruang penurunan untuk tren turun (Bearish) masih sangat luas. Resiko masih tinggi. Garis MFI menaik yang berarti sedang ada aliran dana masuk (inflow). Ini mengkonfirmasi koreksi dalam tren turun (Bearish) yang terjadi.

Candlestick. Candlestick terakhir memberitahu bahwa pasukan Jendral Bullish menang mutlak. Mereka berhasil mendominasi pertempuran hingga tidak terlihat perlawanan dari pasukan Jendral Bearish sama sekali. Kemungkinan besar dominasi ini masih akan berlanjut untuk seminggu kedepan.

Chart Candlestick. Jika dilihat dari sudut pandang lebih luas, pelemahan dominasi pasukan Jendral Bearish beberapa minggu kebelakang terkonfirmasi menjadi dominasi pasukan Jendral Bullish. Ini mungkin awal perubahan arah tren. Namun, benteng kuat pasukan Jendral Bearish (garis MA20) belum tertembus. Jadi perubahan tren belum terkonfirmasi.

Berdasarkan semua analisa, Sekolah Saham menyimpulkan bahwa secara mingguan, bursa masih dalam tren turun (Bearish). Namun, sudah ada tanda-tanda pembalikan arah tren. Ingat masih tanda-tanda, belum terkonfirmasi. Jadi jika trading, sifatnya masih spekulasi. Harus ekstra hati-hati. Pasang stop loss yang ketat.